|

Streaming Radio Suara Landak

Panwascam Banyuke Hulu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019

Banyuke Hulu (Suara Landak) - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Banyuke Hulu menggelar sosialisasi pengawasan pemilu dalam rangka pemilihan umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Kantor Seketariat Panwascam di Dusun Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak, Sabtu (20/10/2018).

Acara tersebut dihadiri Camat Banyuke Hulu diwakilkan Sekcam Banyuke Hulu Titin, Kapolsek Menyuke diwakilkan Bhabinkamtibmas Bripka Ewaldus Leo, Danramil 10 Menyuke diwakilkan Babinsa Serda Ruan Uan, Ketua Panwascam Ardi Susanto dan anggota, Ketua Bpd Se-Kecamatan Banyuke Hulu, Kepala Desa Se-Kecamatan Banyuke Hulu, Perwakilan Parpol/Calon Legislatif dan undangan lainnya berjumlah 40 orang.

Ketua Panwascam Banyuke Hulu, Ardi Susanto mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memantapkan kesepahaman tentang proses tahapan dan pelaksanaa pemilu 2019.

"Kami dari Panwascam Banyuke Hulu mengajak kepada pemangku kepentingan, baik itu di pemerintahan maupun nonpemeritah untuk bersama-sama mencegah terjadinya pelanggara," katanya.

Selain pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu, ia mengajak kepada stakeholder, terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa untuk selalu bersikap netral dalam tahapan pemilu. Sekaligus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan sikap tersebut.

" Undang-undang Desa sudah mengatur bahwa kepala desa bersama perangkatnya dilarang untuk ikut dalam politik praktis, berangkat dari hal itu kita bercermin dari penyelenggaran pemilu sebelumnya, semoga Kepala Desa tidak ikut serta dalam politik praktis," tuturnya.

Ketua Panwascam dan anggota juga memberikan materi terkait sosialisasi pengawasan pemilu dan tahap-tahapan yang harus dilaksanakan.

Bhabinkamtibmas Bripka Ewaldus Leo juga memberikan kata sambutannya sekaligus materi intinya mengajak para hadirin untuk memerangi berita bohong atau hoax yang mengancam kerukunan dan memecah persatuan warga, hindari kampanye hitam dan hargai perbedaan pilihan, karena beda pilihan adalah hal yang wajar dalam demokrasi.

"Terkait saat ini sudah memasuki tahap masa kampanye, Kepolisian siap bersinergi dengan unsur terkait, siap mengamankan semua tahapan dalam Pemilu 2019 ini, dengan tujuan bisa menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi, sehingga situasi tetap kondusif sesuai dambaan kita bersama,” pungkas Bripka Ewaldus Leo.

Ia berharap akhir dari sosialisasi ini mereka-mereka yang hadir mendapatkan bekal sehingga mereka bisa menyampaikannya lagi kepada masyarakat yang ada di sekitarnya.

Penulis : Efdi
Editor : Rizki Mahardika
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini