|

Streaming Radio Suara Landak

Kasatgas Binmas Ingatkan Waspada Peredaran Uang Palsu

Kasatgas Binmas Ingatkan Waspada Peredaran Uang Palsu

Ngabang (Suara Landak) - Tingginya transaksi uang antar pedagang dan pembeli di pasar dan di warung-warung, menjadi sasaran empuk para pelaku pengedar uang palsu.

Untuk mengantisipasi maraknya peredaran uang palsu tersebut, Polres Landak yang di laksanakan oleh Kasatgas Preemtif Kasub Satgas Binmas Iptu Deni Hermawan bersama anggotanya melaksanakan patroli dialogis serta mengingatkan kepada pedagang dan masyarakat selalu mewaspadai peredaran uang palsu jelang lebaran 2024, Sabtu (06/04/2024).

Kasatgas Preemtif Kasub Satgas Binmas Iptu Deni Hermawan menjelaskan bahwa saat ini sudah tersedia banyak informasi bagi masyarakat untuk dapat mengenali rupiah, bisa melalui berbagai media ataupun edukasi lainya. Oleh karena itu ia juga meminta masyarakat untuk peduli dan peka jangan sampai tertipu ataupun mendapatkan transaksi dengan uang palsu.

"Biasakan diri kita semua, untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu saat menerima uang, bisa dengan cara sederhana seperti usaplah uang tersebut apakah uang itu terasa kasar atau lembut. Uang yang asli biasanya agak kaku dan tebal bahan kertasnya. Di samping itu pada angka atau gambar uang biasanya sengaja dicetak agak menonjol dan akan terasa jika diusap-usap," terangnya.

Iptu Deni Hermawan menambahkan dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang hari raya Idul Fitri 2024, Satgas Preemtif Binmas meningkatkan patroli dialogis di beberapa titik strategis. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan terutama peredaran uang palsu.

"Menjelang hari raya Idul Fitri, kita harus meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai modus kejahatan, termasuk peredaran uang palsu. Kami menghimbau kepada seluruh pemilik toko, pedagang sayur dan masyarakat untuk selalu teliti dalam menerima uang. Apabila menemukan uang yang dicurigai palsu, segera laporkan ke pihak berwajib.” imbuhnya.

Penulis  : Heri Humas Polres Landak

Editor : Dion

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini