|

Streaming Radio Suara Landak

Dies Natalis Ke-70, GMNI Kalbar Dukung Pemilu Pilpres dan Pilkada 2024

Dies Natalis Ke-70, GMNI Kalbar Dukung Pemilu Pilpres dan Pilkada 2024

Ngabang (Suara Landak) - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kalbar melaksanakan kegiatan Dies Natalis ke-70 sekaligus mendukung situasi damai pasca Pemilu Pilpres 2024 dsm Polres Landak melakukan monitoring dan pengamanan yang bertempat di Aula Kantor Bupati Landak Jalan Raya Ngabang Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, Kamis (04/04/2024).

Adapun jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 100 orang terdiri dari Pj Bupati Landak Bapak Samuel, S.E, M. Si, Waka Polres Landak Kompol Sukma Pranata, Komisioner KPU Provinsi Kalbar Kartono, Ketua DPD PA GMNI Kalbar Uray., Ketua DPD GMNI Kalbar Syamsu, Ketua DPC GMNI Landak Jeri, Ketua DPC GMNI Kota Pontianak Fajar, Ketua DPC GMNI Kota Singkawang Johri, Ketua DPC GMNI Kubu Raya Mahesa, Sekertaris PMKRI Landak Siria Triana Ayuni, Keanggotaan GMNI Kota Pontianak, Landak, Singkawang dan Kubu Raya.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis GMNI Ke - 70 di Kabupaten Landak yakni : registrasi peserta, menyanyikan lagu Mars GMNI dan Indonesia Raya, mendengarkan kata sambutan Ketua DPD GMNI Kalbar, sambutan ketua DPD PA GMNI Kalbar, sambutan Pj Bupati Landak, acara simbolis pemotongan tumpeng, hiburan-hiburan seperti kesenian tari daerah, musikalisasi puisi dan akustik meriah, foto bersama, doa penutup, Deklarasi Pemilu Damai, persiapan buka puasa bersama. 

Dalam kata sambutannya, Ketua DPD GMNI Kalbar Syamsu mengatakan bahwa dia mengajak untuk membangkitkan semangat mendorong Indonesia emas 2045, sehingga moment ulang tahun ke 70 ini sama sama kita berharap bisa mengisi emas di 2045 mendatang.

"Mari sama-sama kita menjaga konduktivitas kamtibmas menjelang Pilkada Serentak tahun 2024 dengan menjaga lisan kita, jangan terprovokatif terhadap isu yang dapat memecah kesatuan kita dan turut serta dalam mensukseskan pilkada serentak mendatang," ujar Syamsu.

Sambutan selanjutnya, Ketua DPD GMNI PA Kalbar Uray mengucapkan terima kasih terhadap unsur pemerintah Kabupaten Landak, Polres Landak dan semua tamu yang hadir dalam memerintahkan hari jadi GMNI yang ke 70. Saat ini GMNI sudah terbentuk di beberapa Kab/Kota di Provinsi Kalbar yang dilakukan atas dasar keberadaan keanggotaan GMNI yang menyebar secara masif.

"Mari bersama-sama kita berkolaborasi dengan pemerintah, kepolisian dan unsur lainnya terutama dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif terlebih lagi beberapa bulan kedepan kita akan menghadapi pilkada serentak tahun 2024," ujar Uray.

Uray juga menambahkan GMNI yang berdiri ini berlandaskan ajaran Marhaenisme dimana artinya adalah merupakan ideologi yang diajarkan Bung Karno, sebuah ideologi yang menentang penindasan manusia dan memperjuangkan hak-hak orang tertindas.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Landak Samuel mengucapkan selamat merayakan dies Natalis GMNI yang ke-70 dan mengajak GMNI untuk dapat mengobarkan spirit berdikari dalam menyambut Indonesia emas 2045.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Landak membuka ruang bagi mahasiswa yang ingin berkolaborasi untuk memajukan khususnya Kabupaten Landak baik dalam segi kemasyarakatan, ekonomi, sosial, keamanan dan pembangunan daerah. Silahkan berkreasi sesuai dengan kompetensi yang dimiliki dan jangan mengutamakan aksi dalam menanggapi kebijakan pemerintah," ujar Samuel.

Kegiatan selesai pukul 18.10 WIB diakhiri dengan buka puasa bersama dilanjutkan dengan Deklarasi Pemilu Damai, dengan penyampaian bahwa Dewan Pimpinan Daerah GMNI Kalbar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memperkuat komitmen kebangsaan dengan menjaga dan merawat Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebinekaan Tunggal Ika sebagai anugerah terbesar bagi bangsa Indonesia.

"Kami menerima hasil rekapitulasi Pemilu 2024 sesuai dengan keputusan KPU RI terkait penetapan hasil Pemilu, bersedia untuk sepakat menjaga kedamaian Pasca Pemilu adalah tanggung jawab kita semua tanpa terkecuali, berkomitmen menjaga sikap santun dan menghindari ujaran kebencian, fitnah provokasi yang dapat memicu konflik antar kelompok," ujar semua GMNI Kalbar.

Selain itu, GMNI Kalbar mendukung penegakan hukum yang tegas terhadap segala bentuk pelanggaran dan tindakan yang merugikan seperti intimidasi, dan percaya hanya penegakan hukum yang adil maka demokrasi dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan Dies Natalis GMNI ke 70 dan seruan mendukung situasi damai pasca pemilu Pilpres 2024 oleh GMNI Kalbar merupakan hasil susupan ide gagasan yang telah melewati tahapan penggalangan, kegiatan tersebut berpotensi menjadi pemicu bagi element mahasiswa lainnya untuk melaksanakan hal serupa tentunya dengan melalui kolaborasi bersama kepolisian.

Dimohon kiranya dapat memerintahkan Kapolres atau staf jajaran untuk mendorong Sat Intelkam melakukan hal serupa guna mereduksi kembali asumsi dan persepsi dari element mahasiswa agar dapat bersama Kepolisian dalam menjaga situasi politik gejolak pasca Pemilu tahun 2024.

Editor : Dion


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini