-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Universitas Terbuka Selenggarakan Ujian Online Pertama Kali Di Landak

Universitas Terbuka Selenggarakan Ujian Online Pertama Kali Di Landak

Ngabang (Suara Landak) - Untuk pertama kalinya Universitas Terbuka (UT) Pontianak menyelenggarakan ujian online (UO) di kabupaten Landak, tepatnya di SMK 1 Ngabang yang dilaksanakan mulai hari ini tanggal 9 Desember serta 10 Desember dan dilanjutkan pada tanggal 22 dan 23 Desember 2023 untuk ujian online yang berbasis website.

Dihari pertama, Sabtu (9/12/2023) ujian diikuti oleh sebanyak 46 mahasiswa akhir dari berbagai fakultas dan program studi yang sedang mengikuti ujian TAP (Tugas Akhir Perkuliahan) secara online.

Untuk ujian TAP secara online ini, soalnya dilihat dari layar komputer yang hanya bisa diakses oleh mahasiswa yang bersangkutan karena untuk masuk dan membuka hanya mahasiswa yang bersangkutan yang memiliki sandinya.

" Soalnya merupakan essay, mahasiswa disediakan Lembar Jawaban Ujian (LJU) untuk menjawab soal, hasil jawaban langsung discan dan terkirim ke UT pusat untuk dinilai," ujar Yopie Agung, SE dari Universitas Terbuka (UT) Pontianak yang bertindak sebagai Pengawas.

Diselenggarakannya ujian online (UO) di kabupaten Landak ini tentunya akan semakin mempermudah bagi masyarakat Landak yang akan melanjutkan pendidikan tinggi dengan biaya terjangkau dan dengan model pembelajaran yang bisa dilakukan di mana saja karena perkuliahan bisa dilakukan secara daring.

"Dulu Ujian online (UO) mahasiswa dari kabupaten Landak harus ujian ke Pontianak, Mempawah atau Sanggau. Hal itu tentunya sangat memberatkan mahasiswa dalam hal biaya dan waktu. Dengan adanya kerjasama dan kesediaan dari SMK 1 Ngabang yang mau meminjamkan perangkat komputernya, tenaga IT serta guru-guru untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan UO ini adalah kabar yang menggembirakan karena sangat membantu mahasiswa dan masyarakat yang akan kuliah di UT, semua jadi serba mudah dan murah," ujar Pengurus Pokjar Landak, L. Sahat Tinambunan.

Dijelaskan juga oleh Sahat bahwa, saat ini UT juga telah mulai melakukan penerimaan mahasiswa baru hingga tanggal 20 Februari 2024.

"Jadi untuk yang berminat melanjutkan ke Perguruan Tinggi, silakan ke sekretariat UT di Loby Minimart mitra Orchid, atau kontak via chat wa di 081352398088. Dengan syarat: Copy ijazah SMA/Paket C  legalisi basah tanpa batasan tahun tamat, copy KTP, KK, materai 2 lebar, Pasfoto 3x4 2 Lembar, mengisi formulir pendaftaran tersedia di sekretariat untuk yang mengambil jurusan Ekonomi, FHISIP, Pertanian. Sedangkan untuk yang mengambil Fakultas keguruan (FKIP) wajib menyertakan SK pengangkatan sebagai guru honorer dan Surat Keterangan Mengajar (SKM) dari Kepala Sekolah," ujar Sahat.

Universitas Terbuka (UT) adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan pada masa presiden Soeharto dan merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh dan  daring sehingga memungkinkan mahasiswa kuliah di mana saja selama tersedia fasilitas internet.

"Untuk lebih jelasnya terkait Universitas Terbuka (UT) silakan dibuka websitenya di www.ut.ac.id dan kami selaku pengurus Pokjar siap membantu," ujar Sahat.

IWO Landak

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini