|

Streaming Radio Suara Landak

Forkopimcam Menjalin Bentuk Posko Karhutla Terpadu

Forkopimcam Menjalin Bentuk Posko Karhutla Terpadu

Menjalin (Suara Landak) - Cuaca panas karena kemarau membuat banyak masyarakat membuka lahan dengan cara membakar, ini menyebabkan titik hotspot terpantau di aplikasi Vrs dan aplikasi lainnya, di kecamatan Menjalin sendiri terpantau ada beberapa titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), sehingga Forkopimcam Menjalin membentuk Posko Karhutla terpadu yang bertempat di bangunan rumah samping Koramil Menjalin. Senin (14/08/2023).

Posko Karhutla terpadu Kecamatan Menjalin ini juga dapat menerima aduan masyarakat terkait dengan Karhutla. 

Pembentukan posko karhutla Terpadu dihadiri oleh Kapolsek Menjalin, Iptu Suwandi, S.H,. M.H beserta anggota, Danramil Menjalin Peltu Paidi beserta anggota, Staf Kecamatan Menjalin Fernimus, Tokoh pemuda Andre, Tokoh Masyarakat Kimpi dan Kades Nangka Sulianus. 

Pada Kesempatan tersebut Kapolsek Menjalin, Iptu Suwandi, S.H, M.H mengatakan tujuan dibentuk Posko Karhutla terpadu merupakan perintah pimpinan untuk mencegah, menangani Karhutla khususnya yang ada apalagi pada musim kemarau dikhawatirkan masyarakat memanfaatkan momen ini untuk membuka lahan dengan cara membakar, sehingga dibentuknya posko terpadu ini memudahkan komunikasi antar instansi terkait dalam penanganan Karhutla. 

Kapolsek menambahkan adapun alat-alat yang tersedia di posko terpadu ini yaitu helm tahan panas, baju tahan api, tangki air mini beserta alat semprotnya, sepatu Bot, sarung Tangan, Kacamata dan tabung gas untuk pernapasan, sepeda motor yang sudah dimodifikasi ada tangki air kapasitas 100 liter + alat semprotnya. 

Pada kesempatan yang sama Danramil Menjalin Peltu Paidi menyatakan posko terpadu ini dibentuk untuk memudahkan komunikasi dalam penanganan karhutla khususnya di Kecamatan menjalin, sehingga kita bisa saling bahu membahu agar dapat menekan titik api.

Dari tokoh masyarakat Kimpi mengatakan, menyambut baik terbentuknya posko karhutla terpadu Kecamatan menjalin ini dan siap untuk membantu dan turun kelapangan memadamkan api jika ada titik api di Kecamatan menjalin. 

Andre selaku tokoh pemuda Menjalin menambahkan siap membantu penanganan karhutla. Kades Nangka juga menyampaikan siap memberikan himbauan kepada warganya agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, banyak cara lain yang dapat dilakukan dalam membuka lahan.

Penulis : Humas Polsek Menjalin

Editor: Dion

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini