|

Streaming Radio Suara Landak

Kapolres Landak Gelar Jumat Curhat Bersama Perusahaan Dan Koperasi Jasa Satpam

Kapolres Landak Gelar Jumat Curhat Bersama Perusahaan Dan Koperasi Jasa Satpam

Ngabang (Suara Landak) - Gelaran Ngopi bareng sekalian Jumat Curhat Kapolres Landak Akbp I Nyoman Budi Artawan.,S.H.,S.I.K.,M.M Bersama Pju Polres Landak,serta Perusahaan dan Koperasi yang menggunakan Jasa Satpam. Juma't (17/02/2023) pagi.

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan.,S.H.,S.I.K.,M.M, mengatakan Juma't curhat bertujuan untuk mendekatkan Polri kepada masyarakat serta menampung langsung keluhan berkenaan  gangguan kamtibmas dan kegiatan ini menjadi Agenda rutin mereka di Kepolisian. Kegiatan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban saling bertukar informasi tentang kamtibmas di Cafe Jebo Ngabang.

Adapun penyampaian dalam Jumat Curhat tersebut hari ini adalah Kasat Binmas Akp Ra'in, menyampaikan hormat kepada Kapolres, Kasat Sabhara para tamu undangan, mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME bahwa program Jumat curhat rutin bisa terlaksana giat Jumat untuk Jumat ini yang diundang instansi pengguna satpam.

"Tujuannya ada masukan dan saran dri bapak-bapak kepada kami tentang Kamtibmas dan pembinaan satpam, kami rutin melaksanakan Bintek satpam dan silakan sampaikan saran maupun masukan apa saja yang berkaitan dengan keamanan," ujar Akp Ra'in.

Kapolres Landak Akbp I Nyoman Budi Artawan.,S.H.,S.I.K.,M.M menyampaikan tentang keamanan kepada mereka supaya dapat mengevaluasi maupun langkah-langkahnya. Penyampaian dari Direktur RSUD dr A.Geovani yaitu kendala yang pernah mereka alami di RSUD adalah masalah keuangan supaya bisa diadakan pelatihan atau pembekalan kepada anggota satpam agar lebih berani dan tegas dalam melaksanakan tugas ini.

Selanjutnya, KTU  PTPN XIII  Lewi menyampaikan ucapan terimakasih telah mengundang mereka. Ada beberapa satpam yang belum pendidikan dasar satpam supaya bisa difasilitasi untuk ikut diksar dalam PAM kebun.

"Kami dibantu oleh paskas karena sudah ada membuat MOU dengan Polres Landak untuk keamanan, namun di tahun 2023 belum ada perpanjangan dikarenakan masih menunggu dari pusat,"ujar Lewi.

PT GAM Luther menyampaikan Perkap terbaru tahun 2023 tentang penegasan tentang anggota satpam yang kompetensi memohon bantuan agar bersama-sama untuk memberi pemahaman kepada satpam untuk sosilisasi Perkap tersebut.

Sedangkan Jawaban Kasat Binmas Akp Ra'in yaitu untuk RSUD, pada awal tahun 2022 mereka sudah pernah melaksanakan Bimtek di RSUD. Sedangkan untuk Diwan, untuk Perkap 1 tahun 2023 tahap sosialisasi.

"Untuk RSUD masih kita temukan seragam satpam masih menggunakan dasi, apabila ada kata satpam yang sudah mati silakan usulkan kepada kami. Kami sudah koordinasi dengan Polda bahwa Perkap terbaru masih tahap sosialisasi selama 1 tahun ini. Apabila ingin mengadakan Bimteknis satpam silakan ajukan surat resmi kepada kami," Ungkap Akp Ra'in.

Martinus ayo selaku humas DLP menyampaikan terkait permasalahan satpam mereka mengapresiasi Polres Landak bahwa sangat membantu mereka dalam menjaga keamanan perusahaannya.

"Selama pihak Polres Landak sering melakukan Bimteknis satpam kami sangat-sangat ada perubahan dalam tugas dan terkait modus pencurian kami mohon ada solusi dari pihak kepolisian untuk meminimalisir modus ini," ungkap Martinus.

Kasat samapta Akp Teguh Pambudi menjelaskan untuk penanganan pencurian mereka selalu mempertimbangkan kearifan lokal. Pihak perusahaan dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait tentang personil pengamanan ditunjuk personil yang memang sudah memahami karakteristik perusahaan.

Dari CU Semarong menanyakan bagaimana solusi untuk pengamanan CU agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian dijawab Kasat Samapta untuk mempersilahkan membuat PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara perusahaan dengan Polres apabila ingin minta pengamanan dari kepolisian untuk satpam agar dilatih.

Pak Luther dari PT GAM menyampaikan untuk pencuri sawit banyak melakukan pencurian tidak sesuai dengan alat bukti tidak sampai dengan 2,5 juta, kalau dibawah apakah bisa dilakukan proses hukum atau solusi terakhir.

"Saran kami untuk perusahaan adakan pendekatan dengan temenggung adat, tokoh masyarakat kades setempat. Kalau ada CSR perusahaan boleh disampaikan, ada komunikasi yang baik dengan perangkat adat dan jangan lupa dibuat pernyataan. Untuk Bapak Philipus Pak Satpam kami sudah melakukan penangkapan dilaporkan kepolisian, tidak ditanggapi, karna nilainya dibawah 2,5jta," ujar Kasat Samapta.

Kesimpulan Kapolres Landak bahwa setiap Jumat banyak curhat tentang pencurian, akan segera buat tim akan dicek kelapangan. Rupanya permasalahan di Perusahaaan bukan msalah pencurian, tapi banyak permasalahan lain, duduk bersama dengan forkopinda dengan Perusahaan mereka buat SOP bersama.

"Kita sama-sama menghimbau masyarakat bahwa mencuri itu salah, melanggar hukum, dan mari kita sadarkan mereka tentang Sumber Daya Manusia Masyarakat. Semoga kita bisa menjaga Kamtibmas Landak selalu kondusif untuk menjadi polisi bagi kita semua dan selalu informasikan kami apabila ada kejadian ditempat bapak bertugas," ungkap Kapolres Landak.

Kapolres Landak mengucapkan terima kasih atas saran serta masukan yang disampaikan dan akan segera ditindaklanjuti kedepannya. Polres Landak siap melaksanakan masukan dan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat demi terwujudnya kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Landak.

"Harapan kami semua masyarakat dapat membantu kami menjaga Kamtibmas di Kabupaten Landak ini," Pungkas Kapolres Landak.

Penulis : 805tm / Dion RSL

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini