|

Streaming Radio Suara Landak

Jum'at Curhat, Kapolres Landak Laksanakan Ngopi Bareng di Kopi Sehati Ngabang

Jum'at Curhat, Kapolres Landak Laksanakan Ngopi Bareng di Kopi Sehati Ngabang

Ngabang (Suara Landak) - Gelaran Ngopi bareng sekalian Jumat Curhat Kapolres Landak Akbp I Nyoman Budi Artawan.,S.H.,S.I.K.,M.M bersama Pju Polres Landak, Dinas terkait beserta perusahaan perkebunan kelapa sawit. Juma't (03/02/2023) pagi.

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan.,S.H.,S.I.K.,M.M mengatakan Jumat Curhat bertujuan untuk mendekatkan Polri kepada masyarakat serta menampung langsung keluhan berkenaan  gangguan kamtibmas dan kegiatan ini menjadi Agenda rutin kami di Kepolisian.

Kegiatan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban saling bertukar informasi tentang kamtibmas serta Inflasi perekonomian di Kopi Sehati Ngabang. Adapun penyampaian dalam Jumat Curhat tersebut hari ini adalah : 

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan,S.H.,S.I.K.,M.M mengatakan bahwa pertemuan jumat curhat ini menjadi agenda rutin untuk dapat menggali informasi kepada peserta yang hadir didalam jumat curhat ini agar kiranya kepada peserta dapat memberikan informasi sehingga dapat mencari solusi.

"Inflasi yang tinggi membuat daya beli masyarakat merosot sementara belanja rumah tangga merupakan tulang punggung perekonomian. Di sisi lain suku bunga yang tinggi membuat ekspansi dunia usaha terhambat, alhasil perekonomian semakin tertekan, dan dunia terancam mengalami resesi. Presiden Jokowi sendiri telah mengingatkan momok terbesar saat ini oleh semua negara di dunia bukan lagi Covid-19 tapi justru ancaman inflasi tinggi. Dunia saat ini penuh ketidakpastian akibat kenaikan harga pangan hingga energi, dan tensi panas perang Rusia-Ukraina yang tak pasti kapan berakhir," ungkap Kapolres Landak.

Ketua Kadin Landak Wendy Jayanto,S.H menjelaskan acara ini diadakan untuk dapat mengetahui informasi dari rekan-rekan yang dapat berkenan hadir ditempat ini.

Sedangkan Kadis Kumindag Kabupaten Landak Rosalia Elisabeth menyampaikan bahwa untuk tahun 2022 adanya gagal panen disektor pertanian yaitu produksi padi, agar menghimbau kepada masyarakat untuk tidak fokus menanam padi namun dapat fokus sektor pertanian lainnya.

"Gagal panen tersebut disebabkan hama tanaman sehingga mempengaruhi produksi padi di wilayah Kabupaten Landak. Terkait dengan inflasi bahwa di Kabupaten Landak masih dalam keadaan normal dan itu jangan sampai terjadi dan bagaimana caranya agar kita dapat mengatasi permasalah tersebut kedepannya," ucap Rosalia Elisabeth.

Selanjutnya dari Kadis DPMPTSP Kabupaten Landak Drs. Benipiator,M.M mengatakan sangat terganggu dengan jam operasional caffe yang masih beroperasional sampai waktu subuh.

"Kedepannya kami dari pihak perizinan akan melakukan pengecekan terkait dengan surat izin usaha agar dapat bersinergi untuk melakukan patroli dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar situasi kamtibmas berjalan lancar aman dan kondusif," ucap Benipiator.

Dari Perwakilan Manager SPBU Kabupaten Landak menjelaskan sebagai informasi kepada peserta yang hadir ditempat ini bahwa khusus di spbu di Kabupaten Landak bahwa adanya antrian solar oleh kendaraan dibatasi sebanyak 20 liter perkendaraan jika belum melakukan pendaftaran kendaraan di pertamina, yang menjadi hambatan bahwa banyaknya kendaraan yang mati pajak.

"Kami minta petunjuk kepada Bapak Kapolres Landak bagaimana caranya agar adanya personil pengamanan sehingga kita dapat antisipasi kemacetan atau antrian panjang dan bagaimana cara untuk mengajukan permohonan personil pengamanan dari kepolisian," Ungkap Perwakilan Manager SPBU.

Ketua Apkasindo Kabupaten Landak Klemen Apui menyampaikan erkait dengan kata pembuka pertemuan pagi ini adalah masalah inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

"Mari kita saling bersinergi untuk dapat menghadapi masalah inflasi walaupun khusus di Kabupaten Landak masih dalam keadaan normal," ucap Klemen Apui.

Perwakilan Pihak Perusahaan PT IGP bahwa saat ini perusahaan PT IGP boleh dikatakan sedikit bangkit karena dahulunya adanya permasalahan di perusahaan sendiri. Masih adanya pencurian buah kelapa sawit milik perusahaan sehingga mempengaruhi produktivitas.

"Agar dari pihak kepolisian untuk melakukan patroli ditempat rawan terjadinya tindak pidana dan Maraknya kasus narkoba di wilayah Kabupaten Landak salah satu contoh faktor yang mempengaruhi adanya pasar malam sebagai pintu masuk beredarnya narkoba," ungkap PT IGP.

Adapun tanggapan Kapolres Landak terkait masalah inflasi bagaimana caranya bersama-sama mencari solusi agar inflasi tidak terjadi di wilayah kita sehingga perekonomian dapat berjalan secara normal;

Terkait dengan adanya cafe yang jam operasionalnya sampai menjelang subuh, kita sudah mengundang para pelaku usaha di acara jumat curhat yang diadakan di cafe x'o agar jam operasionalnya dibatasi sampai pukul 00.00 WIB.

Dari pihak kepolisian sudah memberlakukan izin keramaian kepada pelaku usaha khususnya pelaku usaha warkop dan cafe untuk membuat izin keramaian terkait dengan jam operasionalnya.

"Izin keramaian bukan berarti kita memberikan izin usaha kepada pelaku usaha namun kita lebih menekankan kepengawasan jam operasional usaha tersebut. Dari pihak kepolisian sudah melakukan patroli malam untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Landak," ungkapnya.

"Untuk masalah antrian panjang yang ada di spbu di wilayah kita apabila ada kemacetan mohon dapat menghubungi sehingga kita dapat melakukan patroli dan dapat meminalisir adanya kemacetan. Kami sangat mendukung terkait dengan pelaku usaha yang belum memiliki izin usaha agar dapat membuat izin usaha di dinas terkait yaitu DPMPTSP Kabupaten Landak," ungkapnya.

Kapolres Landak mengucapkan terima kasih atas saran serta masukan yang disampaikan masukan yang disampaikan akan segera ditindak lanjuti kedepanya. Polres Landak siap melaksanakan masukan dan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat demi terwujudnya kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Landak ini. Harapan beliau semua masayarakat dapat membantu mereka menjaga Kamtibmas di Kabupaten Landak ini.

805tm / Dion RSL

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini