|
Streaming Radio Suara Landak

Kapolsek Mempawah Hulu Pimpin Mediasi Pemagaran PT Indah Subur Sawit

Kapolsek Mempawah Hulu Pimpin Mediasi Pemagaran PT Indah Subur Sawit

Mempawah Hulu (Suara Landak) - Dalam rangka mengantisipasi gangguan Kamtibmas  akibat dari Pemagaran jalan di PT ISS Dusun Dadayu Desa Garu Kecamatan Mempawah Hulu, Polsek Mempawah Hulu bergerak cepat dengan mengambil langkah-langkah persuasif dengan melakukan mediasi dengan menghadirkan Pihak-Pihak yang terlibat di Polsek Mempawah Hulu. Senin (05/12/2022).

Kegiatan mediasi dilaksanakan terkait tindak lanjut pemagaran oleh aksi warga dan asosiasi pengusaha lokal yang bernaung di bawah koperasi yang berdiri di Mempawah hulu yang selama ini menjadi mitra kelengkepan leanding berdirinya pabrik PT Indah Sawit Subur (ISS) yang Merasa kecewa karena dalam hal pemenuhan syarat untuk uji coba kesuksesan bukti pabrik sudah exsis beroperasi, tidak diberi wewenang untuk suplay di pabrik PT ISS tetapi disuplay dari daerah lain menggunakan koperasi lain yang notabenenya merupakan bukan Koperasi dari Mempawah Hulu.

Hadir dalam mediasi tersebut antara lain Kapolsek Mempawah Hulu Ipda M.Edi.D.Danramil Mempawah Hulu Kapten Joko, Perwakilan PT.ISS Akian Mulyadi, perwakilan asosiasi pengusaha lokal, Tokoh Adat Seselius, Kades Garu serta perwakilan masyarakat.

Kapolsek Mempawah Hulu IPDA M Edi D yang memimpin langsung jalannya mediasi berharap agar kedua belah pihak bisa menyikapi bersama dengan hati yang dingin agar permasalahan ini dapat diselesaikan dan warga bekerja serta perusahaan berjalan sesuai operasional yang terpenting Kedua belah pihak dapat saling menjaga Kamtibmas.

Akian Mulyadi yang mewakili pihak perusahaan PT ISS dalam mediasi tersebut menyatakan bahwa keputusan perusahaan menggunakan Koperasi dari luar Kecamatan Mempawah hulu merupakan keputusan para pemegang saham perusahaan PT.ISS. 

"Perlu diketahui bahwa 3 koperasi yang ditunjuk untuk mensuplai TBS ke pabrik tersebut juga turut andil dengan menanamkan modal mereka ke pembangunan pabrik perusahaan PT.ISS. Perwakilan asosiasi pengusaha lokal Deni saat proses mediasi menyampaikan bahwa  selama ini turut membantu berdirinya Pabrik PT.ISS dari segi pengadaan material dan pemecahan konflik sosial yang terjadi di sekitaran pabrik, lebih lanjut ia mengharapkan ke depan adanya kerja sama koperasi yang dibentuknya dapat mensuplai TBS ke pabrik tersebut," ujarnya.

Kapolres Landak AKBP Stevy Frits Pattiasina.,S.I.K.,S.H.,M.H melalui Kapolsek Mempawah Hulu IPDA M Edi D saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya telah mengambil langkah-langkah persuasif yaitu dengan melaksanakan mediasi terhadap pihak-pihak yang terlibat guna menjaga Kamtibmas.

"Kita bersyukur dalam kegiatan mediasi kedua belah pihak dapat diselesaikan dengan baik dan berjalan aman serta  kondusif, sehingga didapati kesepakatan bersama sehingga pemagaran  yang menghalangi jalan produksi PT.ISS bisa dilakukan pembongkaran sehingga akses jalan kembali normal," ungkapnya.

Widi / Dion RSL


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini