|

Streaming Radio Suara Landak

Anggota Piket Spk III Polsek Menjalin Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

Anggota Piket Spk III Polsek Menjalin Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

Menjalin (Suara Landak) - Untuk mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan Personil Polsek Menjalin tidak pernah bosan mengajak masyarakat yang berada di Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak Cegah Karhutla. Sabtu (03/09/2022).

Kapolsek Menjalin Iptu Suwandi S.H., M.H. pada saat dikonfirmasi terpisah membenarkan hal tersebut selaku Pimpinan disini akan berkerja maksimal bersama anggotanya dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan yang mana jika terjadi kebakaran tentunya akan merugikan orang banyak dan lingkungan menjadi tidak sehat.

“Memang beberapa hari ini di Kecamatan Menjalin sering terjadi Curah Hujan yang cukup tinggi maka dari itu kita sebagai anggota Kepolisian tetap semangat untuk melaksanakan sosialisasi karhutla kepada masyarakat dan terjun langsung ke lapangan, " ujarnya.

Bripka Apin yang melaksanakan perintah Pimpinan pada saat menemui masyarakat dengan menggunakan banner mengatakan stop Pembakaran Hutan dan Lahan karena pelaku nya bisa dipidanakan dan ada sanksi tegas jika melakukan pembakaran, maka dari itu sebelum terjadi tugas kita bersama-sama untuk tidak melakukan terjadinya pembakaran hutan.

Seandainya tidak ada pilihan lain bagi masyarakat pada saat membuka lahan dengan cara membakarharapan kita tetap patuhi Pergub atau Perbub yang mengatur tata cara membuka lahan dengan cara membakar di antara nya sebagai berikut : 

1. Bukan merupakan lahan gambut 

2. Lahan yang akan di bakar tidak lebih dari 2 Hari

3. Membuat ijin ke perangkat Desa yg ditembuskan ke pihak Keamanan.

4. Menyediakan cadangan air / tangki air

5. Memberitahukan kepada pemilik lahan yg berbatasan langsung.

6. Membuat sekat bakar

7. Dibakar di bawah pukul 15.00 WIB.

“Adapun harapannya masyarakat mau berkerja sama untuk mematuhi peraturan pemerintah di Kecamatan Menjalin bisa terbebas dari Karhutla," Ujarnya.

Humas Polsek Menjalin / Dion

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini