|
Streaming Radio Suara Landak

Forkopimcam Kecamatan Meranti Dan PT. NSA Gelar Apel Siaga Bencana Karhutla

Forkopimcam Kecamatan Meranti & PT. NSA Gelar Apel Siaga Bencana Kathutla

Meranti (Suara Landak) - Forkopimcam Kecamatan Meranti dan PT. Nusantara Sarana Alam ( NSA ) menggelar apel siaga bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bertempat di halaman Mapolsek Meranti. Kamis, (04/08/2022).

Pelaksanaan Apel Siaga Karhutla tersebut di ikuti oleh usur dari TNI Polri, Pemerintah Kecamatan, Kades se Kecamatan Meranti, Temenggung se Kecamatan Meranti, Pihak PT. NSA serta Damkar dari PT. NSA.

Selaku Pimpinan Apel, Camat Meranti Elly Kornelia, S.H dalam amatnya mengatakan agar Pemerintah Desa serta tokoh adat ikut berperan untuk menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam membuka lahan dengan cara membakar.

"Apabila ada masyarakat yang akan membuka lahan perkebunan 2 hektar agar melaporkannya terlebih dahulu kepada Kepala Desa," kata Elly.

Sementara itu, setelah Apel Siaga Karhutla, Kapolsek Meranti Iptu Dahman mengatakan bahwa Apel siaga Karhutla ini dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Meranti.

"Apel siaga bencana ini dilaksanakan guna mempersiapkan para personel dalam menghadapi situasi jika terjadi karhutla," kata Iptu Dahman.

Kapolsek Meranti Iptu Dahman juga menyampaikan agar unsur pemerintah desa dari kades sampai ketua RT, tokoh masyarakat dan tokoh adat berperan aktif membantu mensosialisasikan bahaya dari membakar hutan dan lahan.

"Ada ketentuan-ketentuan yang harus di penuhi atau diperbolehkannya membakar lahan, diantaranya maksimal 2 hektare per kepala keluarga masyarakat adat, diperuntukkan untuk ditanami tanaman jenis varietas lokal, dan dilakukan dengan menerapkan sistem sekat bakar sebagai upaya pencegahan penjalaran api ke wilayah sekelilingnya," tambah Dahman.

Iptu Dahman juga mengucapkan terima kepada PT. Nusantara Sarana Alam (NSA) yang sudah menunjukkan kesiapan sarana dan prasarana Tim Damkarnya dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla di wilayah Kecamatan Meranti.
 
Setelah dilaksanakannya Apel Siaga Karhutla, Tim Damkar dari PT. Nusantara Sarana Alam melakukan simulasi pemadam api bersama anggota TNI-POLRI serta pihak Kecamatan Meranti, simulasi dilakukan sebagai bentuk kesiapan anggota Damkar dari PT. NSA dalam menghadapi Karhutla apabila terjadi di wilayah Kecamatan Meranti.

Tim Rilis

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini