-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Polsek Ngabang Gelar Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

Polsek Ngabang Gelar Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

Ngabang (Suara Landak) - Polsek Ngabang bersama perangkat Desa Jelimpo menggelar apel siaga bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bertempat di halaman desa Jelimpo kecamatan jelimpo kabupaten landak. Selasa, (26/07/2022).

Panit 1 Binmas Polsek Ngabang Aiptu Rudiyansyah menyampaikan tujuan apel siaga Api ini  dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Lanjutnya lagu Aiptu Rudiansyah juga menyampaikan agar unsur pemerintah desa dari kades sampai ketua RT dan tokoh masyarakat dan tokoh adat berperan aktif membantu pihak kepolisian mensosialisasikan bahaya dari membakar hutan dan lahan.

"Apabila ada warga yang ingin membuka lahan dengan cara membakar agar melaporkan kepada ketua RT atau satgas Api di desa," Pungkasnya Rudiansyah.

Apel siaga bencana ini dilaksanakan guna mempersiapkan para personel dalam menghadapi situasi jika terjadi karhutla. Ditempat terpisah Kapolsek Ngabang mengatakan bahwa perangkat Desa juga harus bisa menjaga keamanan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membuat api dan membakar lahan secara sembarangan.

"Ada ketentuan-ketentuan yang harus di penuhi atau diperbolehkannya membakar lahan, diantaranya maksimal 2 hektare per kepala keluarga masyarakat adat, diperuntukkan untuk ditanami tanaman jenis varietas lokal, dan dilakukan dengan menerapkan sistem sekat bakar sebagai upaya pencegahan penjalaran api ke wilayah sekelilingnya," Ucap Pesta Tampubolon.

Tim Rilis


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini