|

Streaming Radio Suara Landak

Kapuskesmas Karangan Bersama Babinsa dan Kades Mentonyek Monitoring Pengerjaan Jambanisasi Sehat

Monitoring Pengerjaan Jambanisasi Sehat
Karangan (Suara Landak) - Kapuskesmas Karangan Marta Rahayu SKM. dan Babinsa Koramil 1201-07/Mempawah Hulu,Serka Timotius bersama Kades Martinus melaksanakan monitoring pelaksanaan pembuatan jambanisasi di Desa Mentonyek,Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak Selasa (29/3/2022).

Kegiatan ini merupakan pengecekan langsung kondisi jamban, dengan tujuan sarana masyarakat yang benar-benar sudah mewadai keluarga secara layak dan sehat. Program Jamban Sehat di Desa Mentonyek berjumlah 31 KK.

Kapuskesmas bersama babinsa dan kades mentonyek melakukan pengecekan dari rumah ke rumah didesa Mentonyek dan  beberapa dusun untuk memastikan pembangunanya sudah memenuhi syarat atau belum. Desa Mentonyek membawahi Tiga Dusun antara lain Dusun Pate Jaya,Dusun Sababat  dan Dusun Lirang. semua Dusun hampir seluruhnya mempunyai jambanisasi  sehat dan sebagian dalam pengerjaan.seluruh jamban dan septitank selesai paling lambat awal April 2022.

Syarat idealnya antara closet, septic tank dengan sumur sejauh 15m. Dengan jarak tersebut maka bakteri yang kerap menjadi penyebab menularnya penyakit, diare dan sejenisnya tidak akan meresap kedalam sumur, tetapi karena keterbatasan lahan banyak penemuan dilapangan yang tidak memenuhi syarat tersebut, diharapkan agar masyarakat tidak mengkonsumsi air tersebut.

Babinsa Desa Mentonyek Serka Timotius menambahkan.Fungsi jamban dari aspek kesehatan lingkungan antara lain dapat mencegah berkembangnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kotoran manusia.Sementara dampak serius membuang kotoran di sembarang tempat menyebabkan pencemaran tanah air dan udara karena menimbulkan bau.

"Dan warga Desa Mentonyek sangat merespon dengan ucapan terimakasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program pembuatan jamban sehat tersebut," ujarnya. [rls]

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini