-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Ini 7 Peluang Usaha untuk Mahasiswa dengan Modal Minim

Sumber: https://unsplash.com/photos/Fsgzm8N0hIY

Suara Landak - Banyak peluang usaha untuk mahasiswa yang terbuka lebar. Hal ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin memanfaatkan waktunya untuk merintis usaha. Modal yang dibutuhkan pun sebenarnya hanya kreativitas, tekun, dan kepercayaan diri.

Keberhasilan yang diperoleh tidak hanya bisa menjadi uang jajan, melainkan untuk menutup kebutuhan sehari-hari. Tidak perlu lagi meminta kiriman uang saku tiap bulan kepada orang tua lagi. Apa saja peluang usahanya, simak di sini. 

Peluang Usaha Modal Minim untuk Mahasiswa

Internet menjadikan semua jenis usaha bisa dibangun dengan sangat mudah. Ide kreatif apapun dapat diwujudkan dengan mudah. Baik itu model usaha jasa atau barang bisa dipasarkan jauh lebih mudah.
Soal modal tidak perlu khawatir, karena baik produksi atau marketing tidak terlalu mahal. Anda tidak perlu mencetak poster dalam jumlah banyak untuk memperkenalkan usaha. Cukup memasang iklan di internet, sudah pasti tepat sasaran. 

Kira-kira apa saja peluang usaha untuk mahasiswa yang bisa Anda pilih, cek daftarnya berikut ini:

1.    Usaha Jasa Penerjemah 

Bahasa Inggris kini sudah menjadi keterampilan wajib bagi seluruh mahasiswa. Uniknya lagi keterampilan ini masih banyak diperlukan. Banyak dokumen yang perlu diterjemahkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau sebaliknya. 

Meskipun sudah ada perangkat penerjemah online, namun terjemahan yang dilakukan manusia langsung lebih akurat. Modal yang dibutuhkan hanya skill berbahasa Inggris, laptop dan juga listrik, minim bukan. Lebih bagus lagi jika Anda menguasai lebih banyak bahasa asing. 

2.    Usaha Jasa Desain Grafis 

Menjual jasa gambar dihargai cukup tinggi, karena pasarnya bukan hanya nasional tetapi juga internasional. Anda yang memiliki keahlian membuat desain logo, cover buku, termasuk animasi bisa mendapatkan penghasilan cukup besar. 

Tinggal pilih saja platform terbaik untuk mencari klien yang membutuhkan jasa Anda. Jasa ini sangat dibutuhkan untuk kebutuhan media sebuah produk, personal branding atau bisnis lainnya. Sangat beruntung jika Anda sekarang menekuni bidang yang sama, karena hasil pekerjaan bisa dijadikan portofolio. 

3.    Usaha Online Shop 

Toko online kini begitu digandrungi karena pengelolaannya yang mudah dan barang apa saja dapat dijual. Mulai dari barang-barang bekas, peralatan rumah tangga, anak sekolah, pekerjaan, dan masih banyak lagi.
Membuat toko on

line juga bukan perkara yang sulit. Anda hanya perlu memilih platform dan jenis produk yang diinginkan. Misalnya cara buka toko online di marketplace Blibli, dengan menyertakan KTP, informasi personal dan nomor rekening saja. 


Lengkapi juga informasi mengenai foto produk dan deskripsinya. Baru tunggu sampai pembeli memesan produk yang ditawarkan. Pendaftaran menjadi seller di Blibli tidak membutuhkan waktu lama, Anda bisa langsung berjualan. 

4.    Menjadi Seorang Influencer 

Peluang yang tergolong cukup baru adalah jadi kreator konten atau influencer. Anda bisa memilih beberapa platform media sosial kemudian membuat akun. Upload berbagai jenis konten yang menarik dan membantu memberikan solusi. Lebih baik lagi jika konten bisa memberikan hiburan sekaligus edukasi. 

Seorang influencer dengan banyak mengikuti bisa memperoleh kerjasama atau afiliasi dengan perusahaan atau merek besar.  Bagaimana menjadi influencer dengan cepat dan benar, tentu Anda harus mempelajarinya. 

5.    Usaha Kuliner 

Tidak ada yang lebih menguntungkan dari bisnis makanan. Setiap orang pasti perlu mengisi perut, memanfaatkan fakta ini Anda sebagai mahasiswa bisa membangun usaha. Jenis makanan sangat beragam, Anda bisa pilih mana yang peluangnya paling besar. 

Biasanya makanan seperti camilan memiliki perputaran yang cukup tinggi. Kunci dari usaha makanan ini adalah kemampuan untuk mengolah bahan makanan. Produk yang ditawarkan haruslah enak, memiliki kemasan menarik dan higienis. 

Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Di awal, Anda harus memutar otak menyesuaikan modal dengan jenis makanan. Barulah produk akan tercipta. 

6.    Usaha Bimbingan Belajar 

Modal yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah pengetahuan dan uang transport. Anda bisa membuat kelas bimbingan belajar di rumah untuk siswa sekolah. Sesuaikan bidang pelajaran yang ingin diajarkan sesuai dengan kemampuan. 

Khusus untuk peluang usaha ini, Anda harus pandai dalam mengatur waktu. Lebih menguntungkan lagi jika setiap satu kelas kamu mengerikan lebih dari satu siswa. Cukup batasi kelas bimbingan tidak lebih dari 10 orang agar materi belajar tersampaikan dengan efektif.

7.    Usaha Jasa Fotografi dan Video 

Mahasiswa yang hobi dengan fotografi jumlahnya cukup meningkat pesat. Hobi ini pun tidak hanya bisa dinikmati sendiri tetapi juga orang lain. Hasil jepretan foto yang Anda buat bisa saja disukai orang lain dan dibeli dengan harga mahal. 

Anda bisa menyediakan jasa foto prewedding, wedding, wisuda dan acara lainnya. Pekerjaan juga akan mengalir jika Anda bekerja sama dengan salah satu wedding organizer. Acara-acara penting yang hanya dilakukan pada akhir pekan tentu tidak mengganggu jadwal kelas kuliah. 

Apabila kamu kurang suka dengan foto wedding atau acara sejenisnya, bisa juga menjual hasil foto di beberapa platform online. Tidak jauh berbeda dengan jasa desain grafis, kamu bisa mendapatkan uang dalam bentuk dollar ketika foto laku. 

Dengan merintis usaha sejak kuliah, Anda akan memperoleh lebih banyak relasi. Semangat berwirausaha dan keterampilan yang dimiliki juga semakin bertambah. Tanpa disadari hal ini akan menguntungkan Anda ketika terjun di dunia kerja.

Tidak bisa dipungkiri, mencari pekerjaan di era sekarang cukup susah dilakukan. Persaingan yang ketat menjadi salah satu alasannya. Dengan melihat peluang usaha untuk mahasiswa, Anda bisa meneruskan bisnis yang ditekuni sebagai jembatan. [tim]

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini