-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Atasi Stunting, Karolin Demo Buat Makanan Bayi

Bupati Landak, Karolin racik makanan bayi

Ngabang
(Suara Landak) – Bupati Landak Karolin Margret Natasa bersama Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Cornelis melakukan sosialisasi stunting, ASI eksklusif dan Pelatihan Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) berbahan dasar lokal.

Turut mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Kepala Dinas PMPD Kabupaten Landak, Kepala Dinas Sosial, P3A dan KB Kabupaten Landak, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Landak, Camat Menjalin, Kapolsek Menjalin, Danramil Menjalin, Kades Raba dan masyarakat Desa Raba yang bertempat di aula Gereja Santo Yohanes Maria Viani, Rabu (1/12/2021).

Dalam demo membuat makanan bayi tersebut Bupati Karolin memberikan jenis-jenis makan dan cara membuat makan kepada bayi mulai dari anak usia 6 bulan, 6 sampai 9 bulan, 9 sampai 12 bulan, diatas 12 bulan dan makanan untuk ibu hamil serta pemberian ASI yang tepat.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan permasalahan stunting menjadi permasalahan serius di Kabupaten Landak sehingga Bupati Landak mengajak masyarakat agar dapat memberikan pemahaman untuk mengatasi stunting yakni dengan menerapkan pola hidup bersih, pola makan sehat, dan pola asuh yang benar.

“Anak umur 6 bulan boleh diberi MP ASI dan boleh diberi garam agar ada yodiumnya, jangan makan tidak ada garam yodiumnya yang secukupnya. Yang terpenting kita orang tua harus benar-benar menerapkan pola hidup bersih, pola makan sehat, dan pola asuh yang benar,” ucap Karolin.

Karolin menjelaskan untuk Desa Raba masih berada diperingkat tiga dari delapan desa di Kecamatan Menjalin yang kasus stuntingnya masih tinggi.

“Desa Raba masih berada di peringkat 3 desa di Kecamatan Menjalin yang stuntingnya menjadi tinggi dengan posisi angka mencapai 35 pesen, untuk itu kita mengevaluasi apa yang harus kita benahi dalam mengatasi stunting,” terang Karolin.

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Cornelis menyampaikan bahwa stunting menjadi permasalahan yang serius di Indonesia, namun untuk mengatasinya dapat dilakukan dalam pola hidup yang sehat serta dengan sumber makanan bergizi yang ada di sekitar.

“Makanan bergizi ditempat kita ini banyak seperti ubi, sayuran, ikan yang tidak perlu kita membeli dengan harga yang mahal. Negara ini bertujuan menciptakan generasi yang cerdas dan pintar dengan fisik yang kuat, kalau anak itu kerdil tidak masalah asalkan otaknya tidak kerdil dan kecerdasan ini datangnya sudah dari usia kandungan namum kepintaran bisa didapatkan dari pendidikan,” jelas Cornelis.

Bupati Landak juga memberikan bantuan timbangan bayi untuk posyandu Desa Raba, bantuan buku pelajaran, dan hibah bantuan gereja serta memberikan vitamin dan makanan tambahan bagi ibu hamil dan bayi. Selain itu, Anggota DPR RI  juga memberikan bantuan handsanitizer dan masker untuk masyarakat saat melaksanakan ibadah hari raya natal. (MC)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini