|
Streaming Radio Suara Landak

Forkopincam Sompak Tertibkan Aktivitas PETI, 3 Pekerja Berhasil Diamankan

Petugas TNI-Polri mengamankan peralatan yang digunakan pekerja PETI di Dusun Saliat Desa Galar Kecamatan Sompak Kabupaten Landak.

Sompak
(Suara Landak) - Forkopincam Sompak dibantu para kades, DAD  dan masyarakat  bersama- sama melakukan penertiban terhadap aktivitas penambangan tanpa izin (PETI), sedikitnya 3 penambang diamankan, Jumat (3/9/2021).

Forkopincam Sompak dengan melibatkan para kades dan tokoh adat melakukan operasi PETI terkait adanya kegiatan penambangan tanpa izin yang menurut informasi  terletak di Dusun Saliat Desa Galar Kecamatan Sompak Kabupaten Landak.

Tim berangkat ke TKP dan menemukan lokasi PETI. Di TKP terdapat 3 orang yang sedang melakukan aktivitas penambangan menggunakan mesin Dompeng di Dusun saliat, Desa Galar tersebut.

Para pekerja tambang kemudian didata dan diamankan beserta alat yang dipergunakan untuk usaha PETI tersebut ke Mapolsek Mempawah Hulu untuk proses lebih lanjut.

Dari hasil interogasi  diperoleh keterangan  bahwa mesin tersebut milik SK serta elaku pemodal yang beralamat di  Dusun Saliat Desa Galar  Sompak, Kecamatan Sompak.

Kapolsek Mempawah Hulu Iptu Asep Tabroni  saat dikonfirmasi membenarkan atas kegiatan operasi PETI tersebut.

"Operasi tersebut kita lakukan berdasarkan laporan dan keluhan dari masyarakat akan dampak dari kegiatan PETI tersebut," ucapnya.

Kapolsek juga menambahkan bahwa sebelum telah melaksanakan operasi PETI secara preemtif dan preventif bersama forkopincam dan para kades untuk mencegah  terjadinya Penambangan Emas Liar Tanpa Izin (PETI) di Kecamatan sompak. 

Kapolsek menambahkan pada Juni tahun 2021, pihaknya juga sudah pernah  melaksanakan penertiban tidak jauh dari lokasi TKP, tepatnya di Dusun Mangun Desa Galar Kecamatan Sompak.

"Satu hari sebelumnya perangkat Dsa Galar dan tokoh adat setempat sudah memperingatkan bahwa akan ada dilaksanakan penertiban PETI tetapi hal itu sepertinya  tidak diindahkan bagi pelaku PETI untuk kembali berkerja," pungkasnya.

Selanjutnya Kapolsek Mempawah Hulu mengimbau kepada para pekerja PETI yang mungkin  masih bekerja untuk segera berhenti, apabila tidak segera diindahkan akan dilakukan penertiban kembali.

"Diharapkan juga  peran aktif dari pemerintah desa untuk dapat mendata dan memberikan imbauan serta mensosialisasikan  kepada warganya akan dampak PETI tersebut," harapnya.

Adapun penertiban aktivitad PETI di Dusun Saliat Desa Galar sebagai tindak lanjut laporan dari masyarakat serta berita yang  sudah viral di medsos maupun di kalangan masyarakat Kecamatan Sompak terkait dengan adanya kegiatan PETI yang meresahnya.

Dampak dari PETI ini mencemari air sungai yang digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari dan limbah dari PETI tersebut mengaliri area pertanian warga. (Widi/fik)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini