-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Bupati Landak Panen Ketimun dan Cabai di Desa Pawis Hilir

Bupati Landak memetik timun yang siap dipanen

Jelimpo
(Suara Landak) – Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan panen perdana sayur mayur yakni ketimun dan cabai di Desa Pawir Hilir, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak dengan di damping Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Landak, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Landak, Camat Jelimpo, Kapolsek Ngabang, Kepala Puskesmas Jelimpo, dan Kepala Desa Pawis Hilir serta Perwakilan Kelompok Desa Pawis Hilir, Senin (19/7/2021).

Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyambut baik apa yang sudah dilakukan di Desa Pawis Hilir tersebut yang mampu membuka peluang usaha dibidang sayuran sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Sayur kita masih banyak dikirim dari luar Kabupaten Landak seperti dari Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sintang dan Kota Pontianak. Sehingga sebenarnya peluang usaha itu ada, hanya memang perlu kerja keras dan perlu belajar terus sehingga kita bisa menjadi petani yang professional,” ungkap Karolin.

Karolin mengingatkan bahwa masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang ada seperti lahan pekarangan rumah untuk dapat menanam sayuran, sehingga dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat.

“Saya saja menanam tomat dipekarangan rumah sudah bisa untuk dijual jadi tidak ada ruginya kelompok taninya dikembangkan dan ibu-ibu PKK bisa juga mengembangkan tanaman obat keluarga dan kebunsa yur juga di pekarangan rumah karena selain untuk kebutuhan keluarga juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual ke BUMdes,” terang Karolin.

Kepala Desa Pawis Hilir Laong menjelaskan bahwa lahan yang ada di Desa Pawis Hilir ada 4 hektare dengan melakukan kerjasama antara kelompok tani dan BUMDes, selain itu menanam aneka sayuran ini merupakan dukungan desa dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Landak.

“Ini kolaborasi antara kelompok tani dengan BUMDesa guna mendukung kegiatan pertanian di desa serta mendukunga program pemerintah yakni menjaga ketahanan pangan. Semoga hasil pertanian ini bisa menopang kebutuhan di Kabupaten Landak,” ucap Laong.

Dalam kunjungan Bupati Landak ke Desa Pawis Hilir juga dirangkai dengan pemeriksaan pelaksanaan PPKM, pembagian tempat cuci tangan untuk tempat ibadah, serta meresmikan tempat cuci tangan di tempat-tempat fasilitas umum. (MC/Fik)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini