|
Streaming Radio Suara Landak

Anggota Polsek Mempawah Hulu Laksanakan Pelatihan Tracer Covid-19

Suasana pelatihan tracer Covid-19 di Puskesmas Karangan.

Mempawah Hulu
(Suara Landak) - Anggota Polsek Mempawah Hulu melaksanakan  pelatihan pemantauan dan pelacakan kasus covid-19 bagi tracer se-Kecamatan Mempawah Hulu yang digelar oleh Puskesmas Karangan, Selasa (4/5/2021).

Pelatihan ini ditujukan kepada para Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk dapat mengemban tugas tambahan sebagai tracer Covid-19.

Adapun kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Camat Mempawah Hulu Prescila Angela, Dinkes Landak diwakili oleh Kabid P2P Erni, Kapuskesmas Karangan Marta Rahayu  beserta staf, Kapolsek Mempawah Hulu diwakili Kanit Lantas Aipda Widi Suryadi beserta 5 anggota polsek, Danramil Karangan diwakili Sertu H.Bambang beserta 5 anggota koramil.

Kegiatan yang berlangsung di aula  Puskesmas Karangan tersebut diisi oleh 2 narasumber dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Landak dan diikuti oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa serta bidan desa se-Kecamatan Mempawah Hulu. 

Kapolsek Mempawah Hulu melalui kanit lantas Aipda Widi Suryadi usai kegiatan  menyampaikan harapannya dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan tracer Covid-19 tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para anggota Bhabinkamtibmas Polsek Mempawah Hulu dan Babinsa Karangan.

Khususnya untuk mengemban tugas tambahan sebagai petugas tracer Covid-19 di wilayah desa dan kelurahan binaan mas├Čng-masing. Sehingga apa yang menjadi kendala selama ini di lapangan dapat diatasi dengan keterlibatan petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

"Pelatihan ini bertujuan agar Bhabinkamtibmas maupun Babinsa  dapat membantu tenaga kesehatan yang bertugas melacak warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19. Sehingga penyebaran Covid-19 dapat diatasi dengan cepat," ujar Widi.

Dalam pelaksanaannya, narasumber dari pihak Dinkes Landak dan Puskesmas Karangan memberikan beberapa materi terkait upaya-upaya serta langkah apa yang bisa dilakukan dan harus dilaksanakan seorang petugas tracer dalam menangani pasien Covid-19 maupun kontak tracking terhadap orang yang sudah kontak dengan pasien Covid-19.

"Para Bhabinkamtibmas dan babinsa juga diberi pemahaman dasar mengenai Covid-19, penyebabnya apa, seperti apa tanda-tandanya dan cara pencegahan dan penularannya," tutur Widi. (Wd/Fik)

Disiarkan : Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini