-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Warga Muslim Indonesia di AS Sambut Ramadan ke-2 dalam Suasana Pandemi

Suasana salat di masjid komunitas Indonesia, IMAAM Center, Maryland (dok: VOA)

Suara Landak
- Di tengah pandemi COVID-19, umat Islam di seluruh dunia kembali menyambut datangnya Ramadan. Berbeda dari tahun lalu di mana hampir seluruh kegiatan terkait Ramadan di masjid-masjid AS dihentikan, tahun ini sebagian kegiatan tersebut sudah bisa dilakukan kembali, tentunya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Sempat tutup total untuk mencegah penyebaran virus corona, masjid komunitas Muslim Indonesia, IMAAM (Indonesian Muslim Association in America) Center yang terletak di kota Silver Spring, Maryland, tahun ini kembali dibuka bagi jemaah yang ingin melaksanakan salat 5 waktu dan tarawih.

“Tahun kemarin karena kita full di rumah, jadi habis Subuh itu kita habiskan (mengaji) satu juz ramai-ramai (bersama keluarga). Ada yang ngantuk-ngantuk, bercanda, biasalah anak-anak,” ujar Ustadz Fahmi Zubir Zakaria, Imam dari masjid IMAAM Center kepada VOA belum lama ini.

Walau kegiatan di masjid yang berdiri sejak tahun 2014 ini belum berlangsung penuh, Ustadz Fahmi kini lebih banyak meluangkan waktunya di masjid. Tradisi mengaji bersama anak-anaknya ia lakukan menjelang Magrib.

“Karena kalau itu tidak kita buat, nanti anak-anak kehilangan kebiasaan, ya. Kita ingin membiasakan meskipun anak-anak setiap Ramadan (maksudnya di luar Ramadan ya) juga baca quran,” ujar Ustadz Fahmi.

Tahun ini Hasanudin, yang tinggal di kota Rockville, Maryland, ditunjuk menjadi koordinator panitia salat tarawih di masjid IMAAM Center.

Salah satu persiapan yang dilakukannya adalah merekrut sukarelawan, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari negara lain. Mereka diharapkan dapat membantu kelancaran berbagai kegiatan di masjid komunitas muslim Indonesia ini. Jumlah sukarelawan yang mendaftar bisa mencapai sekitar 20 orang.

“Kebetulan tadi saya dapat volunteer baru. Kalau enggak salah dari Ethiopia. Dia (mau) ikut berpartisipasi. Jadi, kita terima,” kata Hasanudin yang tahun ini menjalankan puasa tahun keduanya di AS.

Dalam Ramadan kali ini IMAAM Center akan menggelar berbagai kegiatan, antara lain tadarus Alquran, lomba menghafal Juz Amma, dan sesi bercerita kisah nabi untuk anak-anak dan remaja.

Warga Muslim Indonesia di AS Sambut Ramadan ke-2 di Tengah Pandemi

Sama seperti umat Islam lainnya, tahun ini adalah tahun ke-2 berpuasa pada masa pandemi COVID-19 bagi Asma, mahasiswi di Montgomerry College, Maryland. Menurutnya, menjalankan puasa sebelum pandemi di Amerika “justru lebih banyak tantangan.”

“Karena kita kan lebih banyak sama teman-teman. Tapi pas ada pandemi, justru kayak lebih enggak kerasa gitu,” kata Asma kepada VOA.

Bagi Asma, persiapan puasa tahun ini tidak akan jauh berbeda jika dibandingkan tahun lalu, mengingat berbagai kegiatan kuliah masih bisa dilakukan secara virtual dari rumah.

Menurut Islamic Society of North America, payung organisasi Muslim di AS, Ramadan di AS dimulai pada 12 April. Itu artinya warga Muslim di sini mulai menjalankan puasa pada 13 April 2021.

Sumber : VOA

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini