|

Streaming Radio Suara Landak

Dilaksanakan Secara Terbatas, Danramil Ngabang Hadiri Naik Dango ke-36 di Landak

Sejumlah pejabat menhadiri acara Naik Dango secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Ngabang
(Suara Landak) - Danramil Ngabang Kapten Inf Bambang menghadiri acara Ritual Adat Naik Dango ke-36 yang bertempat di Rumah Radank Aya' Ngabang Goor Patih Gumantar Kecamatan Ngabang, Kabupaten  Landak, Selasa (27/4/2021).

Danramil Ngabang Kapten Inf Bambang mewakili Dandim 1201 / Mph Letkol Inf Dwi Agung Prihanto mengatakan dalam tradisi adat Dayak kegiatan Naik Dango ini dilakukan sebagai perayaan ucapan syukur kepada Tuhan atas hasil panen padi yang berlimpah.

“Dan semoga diberikan rezeki yang berlimpah dan kesehatan di masa pandemi sekarang ini. Kami juga mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna  memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” kata Danramil.

Ia menjelaskan pemberlakuan PPKM mikro dilakukan dengan  kriteria zonasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. 

"Melaksanakan 5 M, memakai masker, menjaga jarak,  mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurang mobilitas," imbaunya.

Sementara itu dalam sambutan Ketua DAD Kabupaten Landak, Hery Saman mengucapkan terimakasih pada seluruh tamu undangan yang hadir dalam Naik Dango ke-36, acara berbeda karena dalam masa pandemi Covid 19 dan kegiatan ini sangat terbatas hanya diwakili dari tiga kabupaten.

"Pelaksanaan Naik dango para peserta dilakukan rapid test sesuai prosedur protokol kesehatan," ucap ketua DAD.

Ia juga mengatakan, tahun ini acara kegiatan Naik Dango hanya dilaksanakan sederhana yaitu hanya melaksanakan ritual adat saja, karena mengingat situasi masih masih dalam masa Pandemi Covid 19. Dia juga berharap semoga tahun depan bisa melaksanakan Naik Dango seperti terdahulu. 

"Walaupun dalam masa Pandemi Covid 19, hasil pertanian di tiga  kabupaten Yaitu Landak, Mempawah dan Kubu Raya masih  baik dan ekonomi masyarakat  masih bertahan," ucapnya. (Rilis/Fik)

Disiarkan : Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini