|

Korea Selatan Sambut Kelahiran Bayi Panda Pertama

Panda China Le Baodi taman hiburan Everland di Yongin, Korea Selatan, 10 Juli 2016. Saat ini ia memiliki bayi bernama Fu Bao.(Foto: AP)

Suara Landak
- Dilansir dari VOA, panda pertama yang lahir di Korea Selatan diperkenalkan kepada sekelompok anak dan wartawan yang beruntung pada hari Rabu (4/11/2020) dan diberi nama Fu Bao, yang berarti harta keberuntungan.

Fu Bao, lahir tiga bulan lalu, tampak sehat dan bahagia, meskipun sedikit pemalu, saat penjaga kebun binatang menyerahkannya kepada anak-anak, yang mengenakan kaus dan topeng panda, di rumahnya di taman hiburan Everland.

Orang tua Fu Bao, Ai Bao betina berusia tujuh tahun dan Le Bao jantan berusia delapan tahun, tiba pada tahun 2016 dari Provinsi Sichuan di China sebagai bagian dari "diplomasi panda" China.

Panda raksasa adalah salah satu spesies paling terancam di dunia dan kelahiran anak adalah sesuatu yang patut dirayakan.

Panda betina hanya bisa hamil sekali setahun untuk jangka waktu terbatas, dan anaknya memiliki peluang hidup yang sangat rendah karena mereka sering lahir prematur. Dan biasanya berat bayi panda hanya kurang dari 200 gram.

Everland mengatakan Fu Bao memiliki berat 197 gram dan panjang 16,5 cm saat lahir, tetapi telah tumbuh dengan cepat dan sekarang beratnya 5,8 kg dan berukuran 58,5 cm.

"Dia tumbuh pesat dan mulai menggunting gigi dan duduk sendiri menjelang hari ke-100," ujar pihak kebun binatang dalam sebuah pernyataan.

Kebun binatang mengatakan dia akan melakukan debut publiknya dalam beberapa minggu mendatang, saat dia bisa berjalan dan makan bambu. Dia diperkirakan akan kembali ke China dalam tiga atau empat tahun lagi. 


Sumber : VOA

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini