|

Desa Tiang Tanjung, Mempawah Hulu Dilanda Banjir Bandang

Sebuah rumah tergenang banjir bandang di Desa Tiang Tanjung, Kecamatan Mempawah Hulu.

Mempawah Hulu
(Suara Landak) - Terjadi hujan deras pada Rabu (18/11/2020) sekitar pukul 16.00 WIB yang mengakibatkan naiknya Debit Air Sungai Mempawah sehingga menggenangi jalan raya serta rumah warga beserta lahan pertanian di Dusun Pandan Desa Tiang Tanjung, Kecamatan Mempawah Hulu, Landak.

Air yang mengalir melewati jalan raya dan lahan pertanian warga akibat dari debit air hujan yang mengalir ke sungai mempawah tertahan oleh jembatan darurat atau jembatan sementara yang berada di bawah jembatan Poyong. 

Jembatan tersebut menumpuk sampah sehingga membendung air sungai, lalu membelok ke arah samping kanan jembatan hingga naik ke jalan raya kemudian melewati lahan pertanian warga bahkan mengenangi rumah warga.

Selain melewati dan menggenangi rumah warga, banjir bandang juga merusak jembatan Poyong pada bagian pondasi jembatan.

Camat Mempawah Hulu Priscilla Angela, Kapolsek Mempawah Hulu Iptu Asep Tabroni dan Danramil Mempawah Hulu Kapt.Inf Ceng Deding meninjau okasi banjir bandang dan mendata kerusakan jembatan serta mendatangi rumah warga yang mengalami banjir dengan kedalaman 30 cm di dalam rumah.

Kapolsek Mempawah Hulu, Iptu Asep Tabroni menuturkan pabila hujan kembali turun, dipastikan akan ada banjir bandang susulan lagi dan banjir akan membuat kerusakan yang lebih parah terhadap jembatan poyong, lahan pertanian dan rumah warga.

Kapolsek Mempawah Huku menghimbau kepada warga masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai untuk berhati-hati.

"Selalu waspada jika sewaktu-waktu banjir datang tiba-tiba," pintanya. (Widi/Fik)

Ia menambahkan terdapat 5 rumah warga yang mengalami kebanjiran yang beralamatkan di Dusun Pandan Desa Tiang Tanjung Kabupaten Landak.

Disiarkan di Rado Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini