|

Pemakaman Jenazah di Kecamatan Menjalin Menggunakan Protap Covid-19

Proses pemakaman menggunakan protap Covid-19 di Kecamatan Menjalin.

Menjalin
(Suara Landak) - Bertempat di Pemakaman Katholik Dusun Menjalin Hilir RT 001 RW 001 Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak telah dilaksanakan pemakaman  jenazah warga sesuai dengan protap Covid-19, Jumat (23/10/2020).

Pelaksanaan pemakaman secara protokol Covid-19 dengan menggunakan APD lengkap dilakukan oleh Pemuda Menjalin yang dipimpin oleh Kimpi dan kawan-kawan.

Hadir dalam kegiatan pemakaman anggota Polsek Menjalin, Staff Camat Menjalin, anggota Koramil Menjalin, Perangkat Desa, keluarga almarhum dan kerabat.

"Di lokasi pemakaman ada anggota melakukan pengamanan oleh 4 personel Polsek Menjalin," ujar Kapolsek Menjalin Iptu Burhan Nuddin.

Menurut Iptu Burhan, almarhum pada tanggal 14 Oktober 2020 pasien mengalami Pneumonia dengan gagal nafas dengan keluhan batuk pilek.

Kemudian pada 16 Oktober 2020 pasien mengalami demam. Hari selanjutnya pasien mengalami sesak nafas pada 17 Oktober 2020.

Senin (19/10/2020) pasien datang ke puskesmas Menjalin dengan gejala kehilangan penciuman, pilek, batuk, susah nelan dan sesak napas. 

"Pasien dilakukan PE di ruang isolasi dengan APD level 2. Pasien dilakukan observasi dengan tensi darah 195/100 dan sesaknya saturasinya turun menjadi 80," ujar Kapolsek Menjalin.

Tanggal 19 Oktober 2020 pasien dirujuk ke Rumah Sakit Rubini Mempawah, selanjutnya dilakukan swab PCR dengan hasil terkonfirmasi positif Covid-19.

Pada 21 Oktober 2020 korban dirujuk lagi ke Rumah Sakit Abdul Azis Singkawang. Pada hari berikutnya (22/10/2020), pasien mengalami sesak nafas dan meninggal dunia di rumah sakit ini.

Mendengar kabar almarhum sudah meninggal dunia, pada 22 Oktober 2020 pihak Puskesmas Menjalin melakukan penjemputan pasien ke RS Abdul Azis Singkawang 

"Dengan menggunakan ambulance dikawal oleh Personil Polsek Menjalin dengan menggunakan APD lengkap," terang Burhan.

Atas kejadian ini, Burhan menambahkan bahwa pihak Kepolisian memberikan imbauan kepada masyarakat yang berada di Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak agar tidak panik serta mengajak bersama-sama terus menikuti anjuran Pemerintah untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. 

"Selalu pakai masker, cuci tangan dengan sabun antiseptik, hindari Kerumunan agar terhindar dari virus Covid-19," pungkasnya.

Selama kegiatan pemakaman, situasi berjalan dengan lancar aman dan kondusif. (Rodiansyah/Fik)


Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini