|

Bupati Landak Bertekad Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Ruangan belajar dihiasi dengan gambar bertema pendidikan.
Ngabang (Suara Landak) - Hari Aksara Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 September menjadi momentum untuk terus mengkampanyekan budaya membaca. Dalam perayaan pekan aksara tahun 2020 ini, Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyatakan bertekad untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat di kabupaten Landak.

“Kami berupaya agar minat baca diantara masyarakat dan anak didik itu terus meningkat. Melalui aksara kita bisa menimba ilmu pengetahuan. Semoga dengan ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas dapat mengembangkan kehidupan masyarakat di kabupaten Landak,” kata Karolin di Ngabang, Rabu (30/9/2020).

Karolin menambahkan melalui pekan aksara sedunia ini, Pemerintah Kabupaten Landak mencoba menggalakkan kembali pentingnya budaya literasi di tengah masyarakat.

Demi meningkatkan minat baca masyarakat, Bupati Landak mengungkapkan pihaknya telah berupaya memberikan bantuan buku kepada desa-desa agar dapat diakses oleh masyarakat untuk menambah pengetahuan.

“Kita telah memberikan bantuan kepada desa-desa berupa buku agar di desa tersedia perpustakaan yang layak bagi anak-anak dan masyarakat agar mereka bisa mendapatkan pengetahuan, mendapatkan informasi terutama yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat kita,” pungkasnya.

Dalam rangka memperingati pekan aksara dunia dengan tujuan memovitasi minat baca anak dan peningkatan literasi Kabupaten Landak,  Wahana Visi Indonesia bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak menggelar beberapa kegiatan yaitu perlombaan bercerita dan pembuatan alat pembelajaran edukatif bagi guru, lomba bercerita anak SD, lomba bercerita guru, lomba menulis orang tua dan lomba pojok baca.

Patar Romulo Purba selaku Manager Wahana Visi Indonesia (WVI) area program Landak berharap melalui semua kegiatan ini dapat meningkatkan semangat berliterasi secara berkelanjutan.

"Kami berharap kegiatan ini memicu kesadaran dan kreatifitas untuk menyediakan lingkungan yang literat bagi tumbuh kembang anak. Semoga semangat literasi akan terus meningkat dan upaya upaya ini dapat berkelanjutan," ungkap Patar Romulo. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini