|

DPRD Landak Kunker ke Sengah Temila Jaring Aspirasi Masyarakat

Kunjungan kerja DPRD Landak di Kecamatan Sengah Temila.
Sengah Temila (Suara Landak) – Untuk menyerap aspirasi langsung masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak menghadiri kegiatan menjaring aspirasi masyarakat untuk penyusunan Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2021.

Kegiatan yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Landak Heri Saman, dihadiri Ketua Komisi A DPRD Landak Cahyatanus, Anggota DPRD Dapil 2 Landak Margareta, Sekretaris Dewan, Kapolsek Sengah Temila, DAD Kecamatan, 14 Kepala Desa di Kecamatan Sengah Temila dan BPD.

Ketua DPRD Landak, Heri Saman mengatakan bahwa kunjungan kerja ini dilakukannya untuk menyerap aspirasi berkaitan dengan Program Legislasi Daerah (Prolegda) Kabupaten Landak tahun 2021 tentang pemekaran Kecamatan di Kabupaten Landak khususnya di Kecamatan Sengah Temila berkaitan dengan penyusunan Program Legislasi Daerah (Prolegda) Kabupaten Landak tahun 2021 yaitu Prolegda Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pemekaran Kecamatan diwilayah Kabupaten Landak.

“Tahun ini Kabupaten Landak membuat 19 program legislasi daerah (Prolegda), yang terdiri dari 6 rancangan berasal dari Raperda Prakasa DPRD dan 13 dari Inisiatif Eksekutif. Dari semua itu untuk yang paling mendesak yakni Raperda Inisiatif Eksekutif tentang Anggaran Pendapatan & Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Landak. Ini segera kita laksanakan mengingat hal ini berkaitan dengan pelayanan yang paling mendasar dan diperlukan oleh masyarakat di Kabupaten Landak,” ungkap Heri Saman, Jumat (14/8/2020).

Kemudian Ketua Komisi A DPRD Landak Cahyatanus yang hadir dalam kegiatan ini juga menyampaikan terkait dengan rencana pemekaran kecamatan di Kabupaten Landak diperlukan regulasi khusus yang saat ini sedang disusun oleh pihak terkait.

“Kecamatan Sengah Temila merupakan salah satu kecamatan yang berpotensi untuk dimekarkan. Tetapi untuk mengajukan pemekarannya harus melalui regulasi yang ada diantaranya harus memenuhi syarat 10 Desa. Sedangkan untuk regulasinya saat ini sudah memasuki tahapan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pemekaran desa sedang di godok oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa,” terang Cahyatanus.

Sementara itu Camat Sengah Temila Emilius saat membuka kegiatan memaparkan saat ini Kecamatan Sengah Temila sudah memiliki lebih dari 10 desa dan sudah dapat diusulkan untuk dimekarkan menjadi 2 kecamatan.

"Jumlah desa yang ada di Sengah Temila adalah 14 Desa, 95 dusun dan 326 RW. Selain itu jumlah penduduk untuk Kabupaten Landak maka wilayah paling banyak penduduknya ada di Kecamatan Sengah Temila" tambah Emilius. (Rilis/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini