|

Geger Video Penipu di ATM, Gasak Uang Rp 1 Juta Langsung di Depan Korbannya

Viral Aksi Penipuan ATM Terekam CCTV, Rp 1 Juta Raib Dihadapan Korban (Instagram)

Jakarta (Suara Landak) - Video penipuan ATM viral di media sosial. Video tersebut berisi aksi penipu di ATM yang terekam kamera CCTV.

Video aksi penipu di ATM ini salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @energisolo, Sabtu (4/7/2020).

Dalam video yang beredar, tampak seorang wanita sedang berdiri di depan mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM.

Wanita itu adalah korban. Sementara pria yang memakai baju oranye adalah pelaku penipuan.

"Ini adalah modus penipuan baru. Jadi tolong berhati-hati kalau di ATM jangan percaya sama orang yang tidak dikenal," tutur petugas yang membuka rekaman CCTV.

Aksi penipuan ini terjadi pada Rabu, 1 Juli 2020 sebagaimana tertera dalam rekaman CCTV tersebut. Namun tidak dijelaskan lokasi kejadian tersebut.

Pelaku mulai melancarkan aksinya setelah wanita tersebut memasukkan kartu ATM dan menekan angka PIN. Ia tiba-tiba berkata kepada si wanita kalau mesin itu rusak.

"Bapak penjahat baju oranye ini berpura-pura mau membantu, memberitahukan kalau mesin ini rusak," jelas petugas.

Ia melanjutkan, "Kartu dimasukkan oleh ibu itu. Begitu selesai memasukkan PIN, bapak ini memantau. Lalu berkata: Jangan! Jangan!"

Kemudian tangan pelaku memencet penarikan cepat sebesar Rp 1 juta dari layar. Pria itu juga memaksa korban untuk segera meninggalkan mesin ATM.

"Agar duitnya enggak keluar, dia menekan-nekan tombol agar agak tertahan. Karena kalau dia tidak menekan-nekan seperti itu bisa jadi duitnya keluar ibu ini masih di situ," kata petugas.

Begitu korban agak menjauh, pelaku menutupi mesin ATM. Saat uang Rp 1 juta keluar dari mesin, si pria langsung mengambil dan memasukkan ke saku belakang celana.

"Begitu ibu itu pergi, di menutup. Itu duit sudah keluar. Dia terus berusaha mengalihkan perhatian ibu ini lalu tangannya mengambil dan memasukkan (uang) ke dalam kantong belakang sebelah kanan," ucap petugas.

Korban kembali ke mesin ATM dan melihat saldo rekeningnya berkurang. Dia pun curiga si pria mengambil uang miliknya.

"Dia (korban) bertanya 'Bapak ambil uang saya'. Katanya 'Tidak'. Pelaku ngotot bahwa tidak mengambil padahal di rekaman CCTV dia mengambil," ujar petugas.

Pelaku kemudian berjalan keluar gerai ATM dengan membawa uang korban yang disembunyikan di kantong celana.

"Lalu ibu ini melapor ke kami dan kami bukakan CCTV dan ternyata betul bapak itu adalah penjahatnya jadi tolong berhati-hati saat berada di ATM. Jangan percaya siapapun," pungkas petugas.

Video viral ini memancing reaksi warganet. Banyak netizen yang memberikan komentar untuk rekaman tersebut.

"Ini semi rampok karena itu bapak-bapak main serobot pencet-pencet ATM orang lain," tulis @nita_juara.

"Lebih suka ambil di ATM yang 1 mesin aja gak banyak mesin parno kadang," komentar @wdys.dwi.

Bahkan seorang warganet juga mengaku pernah menjadi korban aksi penipuan seperti itu.

"Sama seperti aku dulu, modusnya seperti itu juga, cuma penjahatnya bertiga. ATM saya dikuras semua. Hati-hati juga bila mau menekan nomor PIN, waktu menekan tombol nomor usahakan jangan terlihat orang di samping kanan kiri ataupun di belakang anda," kata warganet tersebut.

Sumber (suara.com)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini