|

Streaming Radio Suara Landak

Tiba di Indonesia, 120 ABK Dua Kapal Pesiar Tunggu Hasil Swab Test di Hotel

Ilustrasi pemulangan ABK WNI yang bekerja di kapal pesiar asing. (Foto dok. Humas Ditjen Perhubungan Laut)

Jakarta (Suara Landak) - Anak Buah Kapal (ABK) MV Quantum The Sea dan MV Wind Spirit tiba di Indonesia pada Jumat (8/5/2020). Rencananya mereka bakal menjalani karantina di dua hotel sembari menunggu hasil tes Swab Covid-19.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan, jumlah ABK yang tiba terdiri dari 93 orang untuk Kapal MV Quantum Of The Sea dan Kapal MV Wind Spirit 30 orang. Mereka tiba di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Telah dilaksanakan evakuasi dan pemeriksaan swab test terhadap WNI ABK MV Quantum of The Sea dan ABK MV Wind Spirit oleh Satgas Lantamal-III di dermaga JICT 2," kata Yudo kepada wartawan, Jumat (8/5/2020).

Hasil swab test yang sudah dilakukan tersebut, akan keluar dalam waktu tiga hari mendatang. Di samping itu, seluruh ABK akan menjalani karantina di dua hotel yang berbeda.

Untuk ABK MV Quantum the Sea akan menjalani karantina selama 14 hari mendatang di Hotel Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sedangkan ABK MV Wind Spirit akan menjalani karantina di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui pada April lalu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan puluhan ribu Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di luar negeri pulang ke tanah air. Retno menyebut jumlah mereka sebanyak 10.009 orang dan ini baru 57 persen dari total seluruh WNI ABK di luar negeri.

Berdasarkan data kementerian luar negeri RI, terdapat 16.863 ABK WNI yang bekerja di 116 kapal pesiar dari 10 operator perusahaan yang tersebar di berbagai negara.

Sumber (Suara.com)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini