|

Streaming Radio Suara Landak

Kapolsek Sengah Temila Hadiri Upacara Adat Istiadat Bapantang Nagari

Kapolsek Sengah Temila menghadiri ritual adat Bapantang

Sengah Temila (Suara landak) - Tepatnya di Panyugu Dusun Ubah Desa Pahauman Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak telah dilaksanakan kegiatan ritual adat istiadat Bapantang (Lala) Nagari, Kamis (28/5/2020).

Dalam kegiatan ritual tersebut hadir Camat Sengah Temila Emilius, Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan, Ketua Dewan Adat Dayak Sengah Temila Yunus Alamin, Koordinator Timanggong Kecamatan Sengah Temila Albinus Indarto, Kades Pahuman Diano, tokoh adat dan Masyarakat Sekitar.

Kegiatan ritual adat Nabok Panyugu ini guna melaksanakan pembukaan adat Balala yang akan dilaksanakan oleh Masyarakat Desa Pahauman selama 3 hari, mulai tanggal 28 hingga 30 Mei 2020.

Ketua Dewan Adat Dayak Sengah Temila Yunus Alamin mengatakan barang siapa yang melanggar akan diberikan sangsi adat, sesuai dengan adat istiadat Bapantang (Lala) Nagari.

"Menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Pahauman agar dapat mematuhi ritual adat istiadat berpantang seperti bersiul, berkelahi, membunuh hewan, berjualan daging maupun sayur mayur, dan menebang pohon," imbau Yunus Alamin

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan mengatakan bahwa kegiatan adat istiadat Bapantang (Lala) untuk Desa Pahauman dilaksanakan setiap tahun guna meminta kepada Jubata agar diberikan keselamatan dan kesehatan serta untuk pencegahan wabah Covid-19.

Selain itu, Kapolsek Sengah Temila juga berharap kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang melanggar hukum selama masa berpantang.

"Jangan sampai ada yang merusak serta mengotori kegiatan adat istiadat yang sakitar tersebut dengan melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan orang banyak," ujarnya.

"Mari kita lestarikan dan menjunjung tinggi adat istiadat Pantang (Lala) Nagari ini yang sudah ada sejak dari nenek moyang kita," lanjut Kapolsek Ipda Hengki Gunawan. (Simson/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini