|

Cegah Wabah Penyakit, Warga Dusun Saleh Bakabat Gelar Ritual Adat Balala'

Persiapan prosesi ritual adat Balala'

Sengah Temila (Suara Landak) - Warga Dusun Saleh Bekabat Desa Aur Sampuk Kecamatan Sengah Temila melaksanakan kegiatan ritual adat Balala' atau berpantang untuk menghindari wabah penyakit, Kamis (16/04/2020).

Dalam kegiatan ritual adat tersebut hadir Imam Adat, Pamangko Adat, Kepala Dusun Saleh Bekabat Heriyadi, Wakil Ketua BPD Aur Sampuk Alpian, Kanit Binmas Polsek Sengah Temila Bripka H Rimbun, Bhabinkamtibmas Desa Aur Sampuk Bripka Guntur Haryanto Babaro dan masyarakat Dusun Saleh Bekabat.

Kegiatan ritual adat Balala' atau berpantang tersebut bertujuan untuk memanjatkan doa meminta keselamatan serta dijauhkan dari segala wabah penyakit kepada Jubata atau Tuhan yang Maha Kuasa.

Menurut Bripka H Rimbun, kegiatan Balala' ini dilakukan selama 3 hari 3 malam, dimulai tanggal 16-19 April 2020. Selama kegiatan Balala', masyarakat tidak diperbolehkan melakukan aktifitas seperti ke sawah atau ke ladang, tidak boleh memetik daun, tidak boleh bersiul serta tidak boleh mengeluarkan bunyi yang keras seperti berteriak atau memukul benda.

"Masyarakat luar tidak boleh bermalam di daerah yang melaksanakan ritual adat Balala' berpantang dan apabila ada masyarakat yang melanggar akan diberi sanksi oleh pamangko adat," tambahnya.

Dalam kegiatan ritual adat Balala' tersebut Kanit Binmas Bripka Hendrikus Rimbun juga memberikan imbauan dan mengajak semua elemen masyarakat untuk saling menjaga dan memiliki tanggung jawab dalam memerangi wabah virus Corona.

"Serta mengajak warga masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam percepatan penanganan penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas," pungkasnya.

Heriyadi selaku Kepala Dusun Saleh Bekabat juga memberikan penekanan kepada masyarakatnya agar mentaati ritual adat balala atau berpantang yang telah disepakati oleh unsur adat dan masyarakat.

"Demi keselamatan dan terhindarnya warga dari segala wabah penyakit," tutupnya. (Tim/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini