|

1 Warga Landak Berstatus PDP, Kadiskes Masih Menunggu Hasil PCR

Kadiskes Kabupaten Landak, Subanri

Ngabang (Suara Landak) - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Landak, Subanri mengatakan adanya 1 warga Landak yang berstatus Pasien Dalam Pantauan (PDP) yang di Rujuk ke RSUD Soedarso Pontianak pada Minggu (19/4/2020) malam.

"Malam kemarin, sebetulnya ODP dan sudah dirujuk. Karena kondisi klinisnya demam, kemungkinan  mengarah pada Covid-19," ujar Subanri, Selasa (21/4/2020).

Subanri menambahkan, PDP yang dirujuk ke RSUD Soedarso Pontianak belum bisa dinyatakan positif karena masih menunggu hasil PCR, meskipun sebelumnya rapid test PDP tersebut menunjukkan hasil reaktif.

"Karena akurasi rapid test hanya 60 sampai 70 persen. Kalo sudah diambil swapnya di RSUD Pontianak dan menunjukkan hasil positif baru dinyatakan  bahwa dia Covid-19," jelasnya.

Kadiskes Landak mengungkapkan pasian bisa saja reaktif rapid test dan setelah dilakukan tes lanjutan kemungkinan bisa  menghasilkan hasil PCR negatif. Hal tersebut dibuktikan dari 17 OTG sampel swap warga Landak yang dikirim, 2 diantaranya menunjukkan hasil yang negatif. Sehingga jumlah OTG di Landak berkurang menjadi 15.

"Karena baru 2 yang dilakukan tes dengan hasil yang negatif, sehingga jumlah OTG kita berkurang," katanya

Subanri mengimbau masyarakat wajib untuk menggunakan masker, karena penularan Covid-19 kebanyakan melalui droplet. (Fik/Dina)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini