|

Panen Perdana, Demplot 0,2 Hektar dengan Pola Petani Modern

Bhabinkamtibmas sedang panen padi

Jelimpo (Suara Landak) - Setelah menunggu 5 bulan lamanya, akhirnya demplot padi pola tanam Jajar Legowo (Jarwo) yang dibuat Bhabikamtibmas Bripka Viktorius Pridoni di Dusun Tebuan Bagan Desa Mandor Kiru Kecamatan Jelimpo dapat dipanen secara perdana, Sabtu (29/02/2020).

Sejak bulan Oktober 2019 lalu, demplot padi yang dibuat Bhabinkamtibmas Bripka Viktorius Pridoni ini bertujuan memberikan contoh dan mengenalkan kepada para petani pola bertani modern untuk varietas padi.

"Diharapkan para petani dapat merubah pola bertanam padi secara tradiaional dengan membakar menjadi pola bertani secara modern dengan tidak membakar lahan," ujar Bripka Viktorius Pridoni.

Dari demplot seluas 0,2 ha ini, padi yang dihasilkan sekitar 27 karung gabah.

" ini bisa jadi perbandingan antara pola bertanam secara tradisional dengan modern. Dan hasilnya lumayan signifikan " ujar Bripka Viktorius Pridoni.

Disela - sela kunjungannya di desa binaannya (Desa Mandor Kiru), dirinya juga kerap mengajak dan mengimbau para petani meminimalisir pembakaran lahan dalam membuka lahan.

"Selain untuk menjaga kesehatan, juga untuk mempertahankan ekosistem flora dan fauna yang ada disekitar desa," kenangnya.

Bripka Viktorius Pridoni mengatakan bahwa ide awal pembuatan demplot ini karena dirinya melihat banyak lahan tidur di desa binaannya yang tidak kelola dengan baik 2 tahun yang lalu.

Barulah di tahun 2018 keinginannya mengembangkan lahan tidur di desa binaannya dapat terwujud.

Dengan menggandeng BP2K Kecamatan Jelimpo, Penyuluh dari PT. Daya Guna Wibawa dan PT. Panah Merah, saat ini para petani semakin terbantu.

"Saat ini para petani semakin terbantu dan terbina dengan baik " ungkap dia.

Viktorius berharap semoga para petani semakin mendapat perhatian dari pemerintah baik ketersediaan bibit unggul, pupuk maupun alat pertanian.

Kapolsek Ngabang Kompol B. Sembiring mengatakan bahwa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Bripka Viktorius Pridoni merupakan salah satu trobosan kreatif dalam memanfaatkan lahan tidur dan meminimalisir pembakaran lahan.

"Ini trobosan kreatif, semoga dapat ditiru Bhabinkamtibmas yang lain. Karena banyak manfaat yang bisa dirasakan " tutur Kapolsek Ngabang. (Bayu/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini