|

Demokrat Akan Ganti SBY Sebagai Ketua Umum

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Suara.com/Novian)

Jakarta (Suara Landak)- Partai Demokrat segera melakukan pergantian ketua umum untuk periode lima tahun ke depan dalam Kongres ke-V di JCC Senayan, Jakarta pada Minggu (15/3). Dalam kongres tersebut, Susilo Bambang Yudyono (SBY) selaku ketua umum periode ini bakal menyampaikan pidato politik terakhirnya.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengungkapkan bahwa SBY akan memberikan kesempatan bagi kader muda Demokrat melanjutkan kepemimpinannya sebagai ketua umum. Namun ia tidak membeberkan siapa saja kandidat terkuat pengganti SBY.

"Pak SBY sebagai ketum dan kami semua adalah timnya yang telah bekerja lima tahun penuh akan menyelenggarakan kongres untuk memberi kesempatan yang baru kepada pemimpin baru di Partai Demokrat," kata Hinca di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Mengulang pernyataan SBY, Hinca berujar bahwa SBY ingin mengulang keberhasilannya menutup masa jabatan di Partai Demokrat sebagaimana ia menyelesaikan jabatannya sebagai Presiden ke-6 selama dua periode.

"Beliau menyampaikan bahwa jika ia sebagai presiden dua periode 10 tahun dia soft landing, dia menyelesaikan tugas-tugasnya, kewajibannya soft landing, menyentuh garis finish sampai di ujung. Ia juga akan melakukan soft landing di dalam Kongres V beberapa hari lagi di Jakarta itulah yang utama," kata Hinca.

Terkait apakah masih ada dukungan untuk SBY kembali menjabat ketua umum kembali untuk lima tahun ke depan, Hinca tidak mengungkapkan. Begitu juga saat ditanya apakah SBY akan pensiun dari Partai Demokrat usai kongres. Ia meminta agar publik bisa menunggu jawabannya pada Minggu (15/3/2020).

Kendati begitu, Hinca sedikit membocorkan apa yang bakal disaampaikan oleh SBY dalam pidato politik terakhirnya di dakam Kongres ke-V Partai Demokrat.

"Beliau sudah siapkan pidato politik yang bagus disimak. Beliau akan katakan Demokrat ini rumahnya. Dia akan tetap berada di dalam rumah ini sama dengan kami seluruh kader," kata Hinca.

Sumber (Suara.com)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini