|

20 Pasien Positif Covid-19 Dirawat di RSD Corona Wisma Atlet Kemayoran

Sejumlah pekerja menyiapkan peralatan medis yang akan digunakan untuk Rumah Sakit Darurat penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Jakarta (Suara Landak) - Jumlah pasien yang kini menjalani rawat inap di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat mencapai 231 orang per Kamis (26/3/2020). Dari jumlah tersebut, 20 di antaranya merupakan pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona (Covid-19).

Data tersebut disampaikan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono kepada wartawan, Kamis (26/3/2020). Data itu dihimpun per pukul 20.00 WIB.

"Jumlah pasien 231 orang, 137 pria dan 94 wanita," kata Yudo.

Adapun rincian lainnya ialah 20 orang positif Covid-19, 169 orang merupakan Pasien dalam Pengawasan (PDP) dan 42 orang masuk ke kategori Orang dalam Pengawasan (ODP).

Sebelumnya, Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta Mayjen Eko Margiyono mengatakan pada hari pertama beroperasi pada Senin (23/3/2020), rumah sakit darurat ini kedatangan pasien dari Surabaya dan Semarang. Meski demikian, para pasien tersebut tetap diterima.

"Kami juga ingin menyampaikan bahwa rumah sakit ini untuk menampung pasien yang berada di Jabodetabek. Namun pada kenyataannya, di hari pertama saja ada pasien datang dari Surabaya dan Semarang. Cuma kami tetap akan menerima," kata Eko dalam keterangan resmi di akun Youtube BNPB, Kamis (26/3/2020).

Ke depan, kata Eko, rumah sakit darurat di Wisma Atlet hanya akan menerima pasien yang berusia 15 tahun ke atas. Artinya, rumah sakit ini tidak akan menerima pasien dengan kategori anak.

"Kemudian berikutnya yang saya sampaikan adalah di dalam penerimaan pasien usia minimal 15 tahun ke atas. Jadi anak-anak tidak akan kami terima," sambungnya.

Sumber (Suara.com)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini