|

Disdikbud Landak Gelar Sosialisasi DapodikPAUD-Dikmas

Sosialisasi DapodikPAUD-Dikmas di aula Disdikbud Kabupaten Landak
Ngabang (Suara Landak) - Pemerintah kabupaten Landak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, menggelar sosialisasi Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (DapodikPAUD-Dikmas) Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Kegiatan sosialisasi digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak berlangsung selama tiga hari dimulai pada Selasa hingga Kamis (28-30/01/20).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendididkan dan Kebudayaan Kabupaten Landak Hery Mulyadi, S.H dan diikuti sebanyak 254 orang peserta yang terdiri dari operator Dapodik Taman Kanak-Kanak (TK) sebanyak 25 orang peserta, Kelompok Bermain (KB) sebanyak 198 orang peserta, Satuan PAUD Sejenis (SPS) Sebanyak 12 orang peserta, dan Taman Penitipan Anak (TPA) sebanyak 1 orang, dan 18 orang peserta operator Dapodik dari Pendidikan Masyarakat (Dikmas) dengan rincian sebagai berikut yakni Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebanyak 15 orang peserta dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebanyak 3 orang peserta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak Hery Mulyadi, S.H mengatakan tujuan dilaksanakan sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman para operator Dapodik agar data yang diinput bisa lebih baik dan akurat.

“Tujuan pelaksanaan sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi, pemahaman dan peningkatan kualitas para operator dalam pengelolaan aplikasi Dapodik secara berkelanjutan agar dalam pengelolaan Dapodik diharapkan dapat menghasilkan data yang lebih baik dan akurat,” jelas Hery.

Menurur Hery kebutuhan terhadap data merupakan sesuatu yang mutlak bagi setiap instansi atau lembaga yang hendak melakukan melakukan penyusunan program atau yang hendak membuat keputusan.

“Melalui data, program yang dibuat akan sesuai kebutuhan di lapangan, dan keputusan yang diambil akan menjadi keputusan yang tepat sasaran,” ujar Hery.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas, Ady Wintoro mengatakan, bahwa penginputan data hanya dapat dilakukan melalui aplikasi atau metode Dapodik Online yaitu http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik). Untuk itu dirinya mengimbau para operator agar mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

“Bagi satuan pendidikan PAUD dan Dikmas yang menggunakan aplikasi Dapodik Offline, silahkan mengubah dulu metode sinkronisasinya melalui aplikasi Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas (http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id),” katanya.

Lebih lanjut Ady mengatakan pentingnya peran operator dalam proses pendataan, dan harus melakukan pemutakhiran data secara berkala.

“Operator merupakan ujung tombak pendataan di PAUD dan Dikmas, operator berperan penting dalam pendataan di PAUD dan Dikmas dan dalam melakukan pekerjaannya operator PAUD dan Dikmas di bantu oleh seluruh perangkat dan stakeholder yang ada di PAUD dan Dikmas untuk dapat selalu melakukan pemutakhiran data di PAUD dan Dikmas masing-masing“, tukasnya.

Sementara itu ditempat berbeda Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa berharap para operator DapodikPAUD-Dikmas dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab. Karolin mengatakan pentingnya data yang akurat dari suatu sekolah agar menjadi dasar dalam menentukan kebijakan.

“Saya berharap para operator dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab, harus melakukan penginputan data dengan benar karena semua data yang masuk akan menjadi dasar pemerintah dalam mengambil kebijakan dibidang pendidikan ini,” ujar Karolin. (MC)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini