|

Streaming Radio Suara Landak

Acara Robo-robo di Desa Salatiga Berlangsung Meriah

tamu yang hadir turut meriahkan acar robo-robo

Mandor (Suara Landak) - Kapolsek Mandor  IPTU Anuar Syarifudin, menghadiri kegiatan Robo - robo yang digelar di Desa Salatiga Kecamatan Mandor Kabupaten Landak, Rabu pagi (23/10/2019).

Tradisi robo - robo merupakan kegiatan masyarakat dalam menyambut bulan safar dalam tanggal Hijriah yaitu tanggal 24 Safar 1441 H, dengan cara mengadajan selamatan atau tolak bala atau berdoa bersama.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kades Salatiga, Babinsa Salatiga, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat serta tamu undangan dan masyarakat sekitar 70 orang.

Kegiatan diawali dengan arak - arakan yang membawa Kepala Desa dengan menggunakan sepeda motor yang sudah dimodifikasi menyerupai perahu kemudian kumpul berdoa bersama dan makan bersama.

Dalam sambutannya Rupinus Rudy, ST Kades Salatiga menuturkan kegiatan ini pertama kalinya dilakukan di desanya,  selain itu hal ini sebagai bentuk pelestarian seni budaya untuk melestarikan adat budaya Melayu di Desa Salatiga ini.

"Salatiga merupakan desa yang kaya akan keberagaman, baik dari segi agama, adat istiadat serta seni budayanya, pagelaran ini kami lakukan untuk melestarikan kebudayaan , menimbulkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan mempererat tali silahturahmi," ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kapolsek Mandor bahwa pihaknya mendukung kegiatan positif yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan kelestarian budaya serta menjalin silahturahmi antar sesama dan menunjukan bahwa perbedaan sebagai wujud pemersatu bangsa dan sikap toleransi antar sesama suku bangsa.

"Kita ketahui di salatiga ini multi etnis, ada Dayak, Jawa, Melayu dan suku - suku lainnya dan ini menunjukan kebersamaan diantara keberagaman itu, tentunya kami sangat mendukung kegiatan ini dimana kegiatan ini dapat kami jadikan ajang silahturahmi dengan warga yang hadir," katanya.

Diakhir acara dilakukan pemotongan nasi tumpeng dan dibagikan kepada tamu undangan serta masyarakat yang hadir.

Penulis : HA
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini