|

Streaming Radio Suara Landak

SMAN 1 Mandor Deklarasi Tolak Aksi Unjuk Rasa Pelajar

Suasana Deklarasi Tolak Aksi Demo Pelajar

Mandor (Suara Landak) - Menyasar kaum milenial, Kapolsek Mandor IPTU Anuar Syarifudin bersama berberapa personelnya menyosialisasikan dan mengimbau pelajar SMAN 1 Mandor untuk tidak ikut dalam aksi unjuk rasa dan bahaya hoaks atau berita bohong yang beredar di media sosial.

Para peserta terdiri dari ratusan pelajar SMA Negeri 1 Mandor, yang juga mendeklarasikan dan menolak aksi unjuk rasa. Selain itu Kapolsek juga menerangkan arti hoaks dan dampaknya.

"Kami menyikapi surat edaran mendikbud nomor 9 tahun 2019 tanggal 27 September 2018 tentang pencegahan keterlibatan peserta didik dalam aksi unjuk rasa yang berpotensi kekerasan yang mana terlihat dari berberapa pemberitaan media masa ada aksi unras yang diikuti pelajar STM disalah satu sekolah di Jakarta dan mencegah penyebaran berita hoaks," jelas Kapolsek, Selasa (30/9/2019).

Kaum milenial bisa menjadi korban dan pelaku penyebar hoaks. Menurutnya, tak banyak kaum milenial yang tahu jenis berita bohong dan akibat serta sanksinya.

Dia mengingatkan, penyebaran hoaks berpotensi berdampak pada tatanan masyarakat, salah satunya perpecahan. Karena itu, pihaknya mengimbau kaum milenial dapat memilah setiap informasi yang diterima sebelum menyebarkannya kembali.

"Sejauh ini di wilayah hukum Polsek Mandor belum ada temuan penyebaran hoaks dan pelakunya. Tapi kami tetap memantau aktifitas di media sosial," tegasnya.

Kepala SMAN 1 Mandor Salvinus mengapresiasi kegiatan itu sebagai bentuk edukasi dan peringatan bagi para pelajarnya. Mereka diingatkan lebih berhati-hati menggunakan perangkat gadgetnya.

"Bahaya kalau sampai menyebarkan informasi yang tak dilengkapi bukti akurat. Kegiatan ini jadi membuat mereka teringatkan dan terarah saat menggunakan media sosial," paparnya.

Dia meyakinkan, pihak sekolah juga selalu mengingatkan pelajar untuk tidak melakukan aksi unjuk rasa serta menjauhi hoaks dan memerangi hoaks. Dia pun memastikan, sampai kini belum ada kasus penyebaran hoaks di lingkungan SMAN 1.

Penulis : HA
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini