-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

15 Hektar Lahan Sawit PT. Condong Garut Terbakar

petugas kesulitan padamkan api akibat angin kencang

Mandor (Suara Landak) - Adanya titik hotspot yang terdeteksi aplikasi LAPAN membuat team satgas gabungan karhutla desa Ngarak melakukan pengecekan di lapangan, Selasa (17/9/2019) siang.

"Saya bersama team bergerak dari posko menuju titik api yang terletak diareal perkebunan kelapa sawit PT. Condong Garut (CG) di desa Ngarak," ujar BRIPKA Herman salah seorang personel Kepolisian yang mendatangi lokasi hotspot.

Dirinya menjelaskan bahwa dari pengecekan di lapangan lokasi yang terbakar tersebut berada di perkebunan kelapa sawit milik PT. CG di blok F18 dan F19 yang diperkirakan terbakar seluas kurang lebih 15 hektar yang sudah terdapat tanaman sawit produktif.

"Saat kami tiba dilokasi api sudah menghanguskan tanaman sawit sekitar kurang lebih 15 hektar dan kami dibantu berberapa orang warga melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan 2 unit mesin robin," terang Herman.

Hal senada disampaikan oleh Serka Indra personel Yon Zipur yang tergabung dalam satgas mengatakan kuatnya tiupan angin serta minimnya sumber air membuat proses pemadaman api terhambat.

"Walaupun dengan keterbatasan alat, tenaga dan sumber air, kami berusaha semaksimal mungkin melakukan upaya pemadaman agar tidak merembet ke blok lainnya," ujarnya.

BRIPKA Herman menambahkan selain melakukan upaya pemadaman pihaknya juga menggali informasi penyebab terjadinya kebakaran serta asal sumber api.

"Kami juga melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran tersebut dan apabila nanti terbukti kebakaran dilakukan dengan unsur kesengajaan maka akan dilakukan tindakan tegas bagi pelaku sesuai dengan undang udangan yang berlaku," tuturnya.

Penulis : HA
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini