-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

STKIP Pata dan UST Manila Bahas Kerjasama dengan Pemkab Landak

suasana pertemuan di ruangan Bupati Landak

Ngabang (Suara Landak) - Perwakilan STKIP Pamane Talino Ngabang dan University of Santo Tomas Manila (Filipina) menggelar pertemuan dengan Bupati Landak di Ruang Bupati Landak, Jumat (23/08/2019).

Agenda pertemuan tersebut untuk membahas kerja sama antara dua perguruan tinggi Indonesia dan Filipina tersebut dengan Pemkab Landak.

Selama 2 hari (22-23 Agustus 2019) pihak STKIP Pamane Talino dan University of Santo Tomas (UST) Manila telah berdiskusi untuk memperkuat program kerjasama internasional antara 2 perguruan tinggi ini.

Perwakilan UST yang hadir adalah Dekan FKIP UST Prof. Pilar I. Romero, PhD dan Prof. Andres Julio V. Santiago., Jr., PhD.

Selain itu, hadir juga Ketua Yayasan Landak Bersatu, Pst. J. Robini Marianto, OP, Dewan Pembina Yayasan Pst. Mingdry Hanafy T., OP, Chaplaincy Pst. Sabinus Lohin, CP, Asisten Ketua Yayasan Mustika Aji H., Ketua STKIP Pamane Talino Dr. Albert Rufinus, MA, Sekjen STKIP Pamane Talino Trio Kurniawan , para kaprodi, Ketua LPPM dan Ketua BPM STKIP Pamane Talino.

Beberapa poin kerjasama tersebut di antaranya adalah program S2 dan S3 oleh UST yang dilaksanakan di Kalimantan Barat, Teacher Certificate Program oleh UST bagi guru di Kalimantan Barat, riset bagi para dosen STKIP Pamane Talino, publikasi penelitian dosen STKIP Pamane Talino di jurnal internasional UST, Student Exchange dan lain sebagainya.

Kedua belah pihak sepakat untuk meneruskan rencana program internasional ini ke level MoU.

Ketua Yayasan Landak Bersatu Pst. J. Robini Marianto, OP menjelaskan sebagai keluarga Ordo Dominikan dan Ketua Yayasan Landak Bersatu tentu bersyukur dengan program kerjasama ini.

"Kerjasama ini menjadi semakin mudah karena baik UST dan STKIP Pamane Talino sama-sama dikelola oleh Ordo Dominikan. Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus, Pr juga sangat mendukung program-program serta inovasi STKIP Pamane Talino demi pengembangan Kab. Landak ke depannya," jelasnya.

CP Kapelan dan Perwakilan Kongregasi Passionis di STKIP Pamane Talino Pst. Sabinus Lohin, menambahkan bahwa prospek kerjasama ini sangat bagus dimana  misinya juga sama, yaitu supaya Kalbar lebih maju dan memiliki SDM yang berkualitas.
foto bersama Bupati Landak dengan STKIP Pata dan UST Manila

"Ketertarikan dua perguruan tinggi ini untuk menggali budaya di Landak juga tentu akan semakin mengembangkan dan membuat budaya di Landak dikenal banyak orang," imbuh Sabinus.

Ketua STKIP Pamane Talino Dr. Albert Rufinus, MA mengatakan menyambut dengan tangan terbuka kerjasama internasional bersama dengan University of Santo Tomas Manila ini.

"Kami bersama-sama akan melihat peluang-peluang lain lewat kerjasama ini sehingga pengajaran, riset dan pengabdian kepada masyarakat oleh kedua kampus ini bisa terus dikembangkan," ungkapnya.

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa menyambut baik kerjasama antar perguruan tinggi di Landak. Karolin juga siap mendukung riset dari STKIP Pamane Talino dan UST yang mendukung pengembangan  Landak.

Beberapa program riset yang akan dikerjakan dua perguruan tinggi ini bersama dengan Pemkab ke depannya adalah riset dan studi sejarah makam juang Mandor, riset budaya Rumah Betang Saham, pengolahan sampah di Landak serta riset dan pengembangan food technology di Landak.

"Program besar berlevel internasional ini segera dilegalkan dalam bentuk MoU dan dilaunching kepada publik, program-program ini, jika terlaksana, akan sangat membantu masyarakat Landak," pungkas Bupati.

Penulis : Tullahwi
Editor : Rie
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini