|

Streaming Radio Suara Landak

Pihak CU. Tawarkan Solusi Permodalan Kelompok Tani di Mandor Kiru

foto bersama poktan di Mandor Kiru

Jelimpo (Suara Landak) - CU. Baharta Kecamatan Jelimpo lakukan pertemuan dengan 2 kelompok tani (poktan) di kampung Kalong, Desa Mandor Kiru, Jumat (30/08/2019).

Pertemuan yang dilakukan dalam rangka membantu permodalan kedua poktan yang akan mengembangan pertanian modern di desa Mandor Kiru.

Langkah yang dilakukan Viktorius ini karena termotivasi akan sulitnya ekonomi masyarakat saat ini, dimana ketika semua harga kebutuhan pokok meningkat dan sulitnya mata pencarian tambahan bagi masyarakat.

"Kasian masyarakat, lahan pertanian sawah luas tapi kurang diolah, ke depan kita mengharapkan kerjasama semua unsur stakholder yang ada di desa. Baik Pemerintah maupun Swasta bisa memberikan motivasi dan melakukan pembinaan poktan - poktan yang ada di Mandor Kiru," ungkap Viktorius.

Berdasarkan hasil pantauan Bhabinkamtibmas, di desa Mandor Kiru masih banyak dijumpai lahan yang tidak dimanfaatkan dengan maksimal bahkan banyak yang tidak diolah alias lahan tidur.

Walaupun lahan tersebut diolah oleh petani namun hasil yang diharapkan belum maksimal.

Bekerja sama dengan CU Baharta unit Kecamatan Jelimpo, Bhabikamtibmas kemudian mendatangi poktan yang ada di Kampung Kalong (desa Mandor Kiru) dan mensosialisasikan program - program kredit dari CU. Baharta (credit union banuri harapan kita) yang diperkirakan dapat membantu permodalan para petani dalam mengolah lahan.

"Harapannya masyarakat petani bisa memanfaatkan program kredit dari CU. Baharta ini untuk modal mengolah lahan pertanian sesuai kemampuan masing - masing," ungkap Viktorius.

Dalam paparannya kepada para petani di Kampung Kalong, Aristo Nugroho selaku kepala SPM CU. Baharta yang bergerak dibidang pengembangan anggota khususnya kinerja sosial dengan adanya SPM ini mengerakkan sektor ekonomi yakni ekonomi kerakyatan khususnya petani.

"Dengan pembinaan yang baik dan benar dari sesi finansial maupun juga dari pelatihan - pelatihan yang ada, penghasilan petani di Kampung Kalong ini diharapkan ke depannya meningkat dan impian mereka untuk sejahtera itu bisa segera terwujud," terang Aristo.

"Bhabinkamtibmas telah menyampaikan semua keluh kesah para petani kepada kami. Dengan inisiatif Pak Viktorius maka pertemuan kami (CU) dengan petani di Kampung Kalong bisa terwujud," tambahnya.

Kapolsek Ngabang Kompol B. Sembiring SH. MH menyampaikan apresiasi dan mengharapkan adanya kerjasama semua komponen yang ada di Desa Mandor Kiru baik Pemerintah maupun swasta untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan sejahteranya kehidupan masyarakat tentunya akan menekan angka kriminal atau gangguan kamtibmas di desa," harap B. Sembiring.

Penulis : Victor
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini