|

Masjid Terbesar di Kabupaten Landak Jadi Tempat Salat Id Warga Serimbu

Masjid Raya Nurul Yaqin Serimbu

Air Besar (Suara Landak) - Ratusan umat muslim Desa Serimbu laksanakan salat Id di Masjid Raya Nurul Yaqin Serimbu, Minggu (11/08/2019).

Sebelum pelaksanaan sholat dilakukan, Ketua PHBI Serimbu Sumardi menyampaikan tata cara pelaksanaan sholat Id. Dia mengatakan Salat Id adalah sunah muakad dengan jumlah 2 raka'at.

Pada raka'at pertama 7x takbir dan pada raka'at kedua 5x takbir dengan satu salam.

Bertindak selaku Khatib adalah M.Awami, dan bertindak sebagai Imam adalah Sumardi, sedangkan bilalnya Sukardiansyah.

Khatib dalam khutbahnya membcakan kisah Nabi Ibrahih dengan istrinya Siti Hajar, berserta anaknya Nabi Ismail Alaihissalam, yang mendapatkan suatu ujian  dan kesabaran yang dangat berat dan mendalam.

Peristiwa itu menjadi sejarah sejak ribuan tahun yang lalu, dan tetap tertulis dalam Alqur'an.

Warga Desa Serimbu laksanakan salat Id
M Awami dalam khutbahnya juga menyampaikan bahwa makna hari raya kurban itu bukan hanya pada hari raya Id saja untuk menyembelih kambing, sapi, domba, dan unta.

"Tetapi berkurban dengan harta untuk membantu membangun masjid,madrasah,menyantuni anak yatim, fakir miskin para kaum duafa," terangnya.


Lima poin dari khutbahnya M. Awami meyimpulkan tingkatkan kesabaran, berkurban tidak hanya pada hari raya Idul Adha saja tetapi berkurban untuk membangun masjid  maupun madrasah, menyantuni fakir miskin dan anak yatim,
menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan ketaqwaan 

Pada waktu pelaksanaan salat mendapat penjagaan dari anggota polsek Air Besar Bribka Andri, hingga salat selesai dan dalam keadaan aman dan lancar.

Penulis : Ya' Habijan
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini