-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

TNI-Polri dan Pihak Swasta Sosialisasi Penanggulangan Karhutla di Kecamatan Air Besar

Suasana sosialisasi di Kantor Desa Nyari

Air Besar (Suara Landak) - Kepolisian Sektor Air Besar bersama Koramil 12 Air Besar dan PT. BKP melakukan sosialisasi pencegahan serta penanggulangan karhutla di wilayah Kecamatan Air Besar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Air Besar Kapten Buntoro Nugroho beserta anggota, Kanit Provost Polsek Air Besar Bripka Andri, Manager PT. BKP beserta Staf
Sekdes Nyari beserta Staf Desa, Kades Merayuh Atiam, Kades Sempatung Timotius beserta Staf Desa, Temenggung Binua Pulo Nyari dan warga Nyari sekitar 85 orang.

Danramil Air Besar Buntoro Nugroho menyampaikan bahwa sosialisasi ini untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak.

Yang mana dua hari yang lalu Danramil beserta anggota mengikuti apel penanggulangan Karhutla di kantor Gubernur Kalbar dan sehari yang lalu juga mengikuti apel gelar pasukan penanggulangan Karhutla di Mapolres Landak.

"Pada inti penanggulangan Karhutla ini sangat serius dan ini perintah lansung dari Presiden RI dan secara teknis nanti cara penanggulangan jika terjadi, karhutla selalu koordinasi dengan semua instansi terkait," tutur Danramil Kapten Arm Buntoro Nugroho.

Kapolsek Air Besar Iptu Elfis Satria Efdi melalui Bripka Andri menyampaikan bahwa sanksi Hukum UU. Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Membuka lahan dengan cara membakar hutan merupakan hal yang secara tegas dilarang dalam undang-undang, yakni diatur dalam Pasal 69 ayat (1) huruf h UU PPLH yang berbunyi “Setiap orang dilarang melakukan perbuatan melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar”.

"Adapun ancaman pidana bagi yang melakukan pembakaran lahan adalah penjara paling singkat tiga tahun dan paling lama 10 tahun serta denda antara Rp 3 miliar hingga Rp 10 milyar," terang Andri.


Penulis : Andri
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini