-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Binua Salaas Kecamatan Mempawah Hulu Gelar Adat Babuar

suasana ritual adat Babuar

Mempawah Hulu (Suara Landak) - Binua Salaas Kecamatan Mempawah Hulu telah melangsungkan ritual adat Babuar, Jumat (26/7/2019).

Hadir dalam giat tersebut Kades Salaas, DAD Mempawah Hulu, Timanggong Salaas, Babinsa desa Salaas, Bhabinkatibmas desa Salaas, Tua tahun, Pengurus adat desa Salaas dan masyarakat.

Kegiatan adat babuar tersebut dilaksanakan di tanah adat (Simpang Kersik) dusun Sababat desa Mentonyek dimana ritual adat diawali dengan penyanggahan peralatan adat dan lainya kemudian diarak menuju tempat ritual dengan berjalan kaki dan diiringi oleh irama gong dan gendang.

Setelah sampai di tempat ritual, Tua tahun langsung melakukan penyanggahan kembali di tempat ritual.

Menurut Sines kades Salaas kegiatan adat babuar ini dilakukan selama 3 sampai 5 tahun sekali dengan tujuan agar terhindar dari marabahaya dan agar berhasil dalam bidang pertanian.

Setelah melaksanakan adat babuar
timanggongan Binua Salaas akan melasanakan adat Belala pada hari Sabtu tanggal 27 Juli 2019.

Tujuan dilaksanakannya ritual adat belala ini tujuannya untuk terhindar dari marabahaya, dijauhkan dari berbagai penyakit dan agar hasil pertanian melimpah.

Pada ritual belala ini masyarakat dilarang atau pantang untuk keluar rumah dan bertamu ke rumah orang dan lainnya.

Adat belala ini akan dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Ketimanggongan Salaas dari Tikalong (desa Tunang), desa Salaas, dan Lirang (desa Mentonyek).

Bhabinkamtibmas Desa Salaas Bripka Deni membenarkan adanya kegiatan adat tersebut.

"Saya selaku Bhabinkamtibmas selalu mendukung dan mengawal semua program program dan kegiatan desa, agar selalu terjalinnya komunikasi yang baik serta terciptanya Kamtibmas yang aman dan kondusif," ucapnya.

Penulis  : Dens
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini