|

Streaming Radio Suara Landak

Kasus Penyegelan Kantor PT. Putra Indotropical (PI), Polres Landak Gelar Mediasi



Ngabang (Suara Landak) - Mess PT. PI yang terletak di RT Maong desa Sungai Keli kecamatan Ngabang, dipenuhi petani plasma, Kamis (20/06/2019).

Hadir dalam mediasi tersebut Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio yang diwakili Kabag Ops KOMPOL Asmadi, S.IP, MM dan dari perusahaan diwakili oleh Uus selaku Manager Humas serta dari pihak petani Plasma diwakili oleh kuasa hukum Markus, SH.

Saat dialog mulai dilakukan, Kabag Ops KOMPOL Asmadi mengimbau agar dalam pembicaraan harus saling menghormati dan bergantian memberikan usul sarannya.

"Kehadiran Polisi disini adalah untuk memastikan dan menjamin keamanan agar tidak terjadi tindak pidana yang dapat merugikan kedua belah pihak", jelas Kabag Ops Kompol Asmadi didepan peserta petani plasma.

Dikesempatan tersebut kuasa hukum petani plasma menyampaikan tuntutan dengan mengutamakan pembagian plasma yang 20% untuk petani.


"Petani tetap menuntut perusahaan agar menyerahkan pengelolaan plasma dengan pola 20% sesuai perjanjian awal kemitraan," ujar Markus selaku kuasa hukum petani plasma.

Disamping tuntutan kuasa hukum juga menyampaikan bahwa jika perusahaan ingin menggunakan Kantor PI yang disegel harus terlebih dahulu membayar hukum adat Dayak yang berlaku, Lanjut Markus menyampaikan tuntutan petani plasma.

Sementara itu dari pihak perusahaan yang diwakili Uus menyatakan bahwa pengelolaan kebun plasma petani untuk dikelola sendiri oleh petani plasma, tidak menjadi kewenangannya melainkan harus dibicarakan dan dibahas bersama sama dengan instansi pemerintah yang terkait.

"Untuk mengelola sendiri lahan sawit petani plasma kita harus bahas dan bicarakan dengan dinas Perkebunan Kabupaten Landak dan memerlukan waktu, tidak dapat diputuskan sekarang,"pungkas Uus.

Dialog berjalan alot dan sangat panjang hingga suasana memanas, namun situasi tetap kondusif dibawah kendali Kasat Intel Polres Landak.

Hingga berita ini kami ekspose, dialog masih berlanjut dengan sangat dinamis dan terkendali.

Penulis : Suliyanto
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini