-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Sosialisasi Pemilu 2019 Melalui Dukungan Eksekutif di Menjalin


Menjalin (Suara Landak) - Pemerintah Daerah Kabupaten Landak menggelar kegiatan Dukungan Eksekutif dalam rangka mendukung dan mensukseskan tahapan pencoblosan pada pesta demokrasi tahun 2019 yang akan diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 secara serentak di seluruh TPS wilayah tanah air dalam pemilu pilpres dan pileg DPD, DPR RI, DPRD tingkat provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam tersebut berlangsung di ruang aula paroki St. Petrus dan St. Paulus Kecamatan Menjalin dengan dihadiri oleh beberapa narasumber dari masing-masing instansi terkait penyelenggaraan pemilu tahun 2019, Senin (01/04/2019).

Bupati Landak yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ocin, S.Pd, Kadis Poraparekraf Yosef, S.E,  Ketua KPU Landak Herkulanus Yacobus, S.H Perwakilan Bawaslu Divisi Penindakan dan Pelanggaran Kab. Landak Yovianus Jupriono Ikoniko, S.Si,  Camat Menjalin C. Theotimus, S.Pd, Perwakilan Koramil Serka Agus Triyono  dan Perwakilan Polsek Menjalin Brigadir Oktavianto.

Dalam kegiatan tersebut masing-masing perwakilan pihak yang hadir menyampaikan pengarahan kepada peserta undangan  terkait tugas dan peranan masing-masing dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

Kapolsek Menjalin, Iptu Teguh Pambudi yang berhalangan hadir dalam kegiatan tersebut dikarenakan melaksanakan kegiatan Rapat Anev Kinerja Bulanan Jajaran Polres Landak, diwakilkan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin Brigadir Oktavianto, menyampaikan arahan terkait pengamanan Pemilu tahun 2019 yang nantinya akan dilakukan oleh pihak keamanan TNI-Polri dan Petugas Sat Linmas setiap TPS-TPS.

Dalam arahanya Brigadir Oktavianto menyampaikan jumlah kekuatan personil Polri yang terlibat dalam pengamanan sebanyak 72 Tps yang ada di Kecamatan Menjalin yaitu sejumlah 22 Personil yang terdiri dari 13 Personil Polsek dan 9 Personil BKO Polda Kalbar, dimana setiap personil sudah ditentukan lokasi pengamanan TPS.

"Pihak Koramil dan Polsek Menjalin yang Bertugas dalam Mengamankan Pemilu tahun 2019, dalam tahap kampanye saat ini Personil Polsek telah melakukan pengamanan kegiatan kampanye masing-masing caleg, dan memasuki tahap pencoblosan nantinya Personil Koramil dan Polsek Menjalin akan melakukan pengawalan distribusi dan pengamanan logistik Pemilu di PPK hingga ke PPS serta  pencoblosan dan penghitungan surat suara," Tutur Petugas Bhabinkamtibmas.

Selain itu Ketua KPUD Kab. Landak mengingatkan kepada seluruh undangan yang hadir sebanyak 60 Orang peserta undangan terdiri dari Seluruh Kepala Desa, Ketua BPD Desa, Petugas PPS, Ketua Panwascam Menjalin, Ketua PPK Menjalin, Ketua DAD Kecamatan Menjalin serta para tokoh masyarakat Kecamatan Menjalin agar dapat mensosialisasikan pelaksanaan pemilu 2019 kepada seluruh masyarakat yang ada disetiap desa-desanya dan membantu mensosialisasikan tata cara pencoblosan dan mengingatkan kepada masyarakat khususnya DPT yang terdaftar di TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 di TPS.

"Kegiatan Dukungan Eksekutif dalam sosialisasi pemilu 2019 yang kita digelar ini, semoga dapat memberikan hasil positif dalam pelaksanaan pemilu yang berlangsung di Kecamatan Menjalin, dimana kami juga telah memperlihatkan contoh 5 surat suara dan mempraktekkan tata cara mencoblos surat suara yang benar serta menginformasikan bahwa pemilu 2019 ini ada penambahan batas waktu pencoblosan yang di prediksi akan berlangsung hingga malam hari, disetiap pemilih harus mencoblos 5 surat suara." Terang Yakobus,S.H.


Sebelum mengakhiri kegiatan Dukungan Eksekutif, Staf Ahli Bupati Landak menyampaikan apresiasi kepada peserta undangan yang hadir dimana kegiatan tersebut berlangsung lancar dan proaktif dengan dihadiri seluruh kepala desa dan pihak-pihak terkait serta elemen masyarakat lainnya, lita berharap pemilu 2019 dapat berjalan sukses dengan menghasilkan pemimpin yang kredibel melali pemilu yang JURDIL LUBER (Jujur, Adil, Langsung, Umum, Bersih dan Rahasia)  mari kita bersama-sama saling menjaga dan menciptakan situasi yang aman, sejuk dan damai dalam Pemilu tahun 2019," Pungkas Bapak Ocin.

Penulis : Oktavianto
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini