|

Streaming Radio Suara Landak

RSUD Landak Sosialisasi dan Monev Rujukan Pasien

Ngabang (Suara Landak)- Bertempat di aula Kantor BAPEDA Kabupaten Landak telah diselenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Monev (Monitoring Evaluasi)  Rujukan RSUD Landak. Rabu (30/01/2019) pagi.

Sekitar 85 orang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Direktur RSUD Landak dr. H. S. Wahyu Purnomo, Sp. B,  PLT Kepala Dinas Kesehatan dr. Pius Edwin Wiwin, Kepala BPJS cabang Ngabang Eka Nurdiyani, Waka Polsek Ngabang Ipda Hertomo, Para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Landak, Para Dokter,  Bidan dan paramedis lainya serta, para Kepala Desa sekitar kota Ngabang.

Pada pembuka kegiatan, Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutinitas yang akan dilakukan setiap tahunnya dan adapun peserta kegiatan sosialisasi terdiri dari para dokter, kepala puskesmas, Bidan dan para medis.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Direktur RSUD Landak menerangkan bahwa sistim rujukan adalah sistim dilakukan karena dalam penanganan di tempat-tempat pelayanan kesehatan tertentu belum cukup memadai, baik fasilitas maupun sumber daya manusianya dan ini merupakan salah satu kendala yang ada di kewilayahan.

Dia juga menambahkan tentang definisi menurut sumber Permenkes no. 001 tahun 2012 adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal.

"jangankan di Kabupaten Landak bahkan di negara-negara maju pun juga ada sistem rujukan,  menimbang belum meratanya kualitas pelayanan kesehatan dan menimbang klasiifikasi penyakit  yang perlu penanganan lebih lanjut yang sesuai dan memadai guna keselamatan pasien" jelasnya.

Ditambahkannya bahwa sistem rujukan sangat penting untuk pasien-pasien yang terindikasi penyakit yang perlu penaganan intensif, guna menyelamatakan jiwa seorang pasien.

Sementara itu dalam sambutan Kepala BPJS Cabang Landak lebih banyak mengulas tentang penggunaan BPJS Kesehatan yang sesuai prosedural. Dalam paparannya dia juga menjelaskan tentang teknis klaim dan jenis kasus pasien apa saja yang bisa di klaim melalui BPJS.

Penulis : Irwanto
Editor   : Iman Ceriawan Gulo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini