|

Streaming Radio Suara Landak

Polisi Terus Awasi Penyaluran Dana Desa

Menyuke (Suara Landak) - Bhabinkamtibmas Polsek Menyuke Polres Landak, Bripka Ewaldus Leo sambang desa dan monitor pembangunan jembatan rambat beton di Dusun Buluh Desa Gamang Kecamatan Banyuke Hulu, yang bersumber dari dana desa, Senin pagi (6/8).


Bhabinkamtibmas dalam kegiatan sambang ke Desa Gamang bersama kepala desa Gamang Edi, langsung memonitor sebuah proyek yang bersumber dari dana desa yaitu , pembangunan jembatan rambat beton yang menghubungkan antar Dusun Buluh Desa Gamang Kecamatan Banyuke Hulu dan Dusun Sailo Kecamatan Mempawah Hulu yang mana lokasinya di perbatasan antar kecamatan.

Sebelumnya Bripka Ewaldus Leo memberikan beberapa penjelasan kepada perangkat desa terkait adanya penandatanganan (memorandum of understanding) MoU antara Kapolri dan Menteri Dalam Negeri serta Kementrian Desa tentang pengawasan dan pencegahan penggunaan anggaran dana desa, Kapolsek bertanggung jawab penuh dalam hal tersebut dan selalu mengawasi, membina, mengayomi, dan membimbing dalam hal penggunaan anggaran dana desa tersebut.


"Kami akan terus memonitor semua kegiatan yang bersumber dari dana desa,  dengan harapan anggaran dana desa benar – benar digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan Desa," ujar Bripka Ewaldus Leo.

Dalam sambang desa Bhabinkmatibmas mengharapkan peran serta dan kerjasama dari Kepala desa dan perangkat desa, agar pembangunan yang sudah berjalan sesuai dengan hasil musyawarah desa, cegah dan hindari tindakan penyimpangan dalam menggunakan anggaran yang telah dikucurkan oleh pemerintah berupa dana desa.

"Dana desa yang biberikan pemerintah dapat dirasakan manfaatnya untuk warga masyarakat berupa hasil perkerjaan yang bagus dan berkualitas tahan lama, selain itu kegiatan ini dimaksud untuk deteksi dini dan monitoring dalam pelaksanaan dan penyaluran dana dilapangan agar menghindari penyalahgunaan dan penyimpangan dana desa," tambah Bripka Ewaldus Leo.

Kepala Desa Gamang Edi mengucapan terimakasih kepada Bhabinkamtibmas atas kesediaan dan kerjasamanya, telah berkunjung di Desa Gamang yang juga sudah membantu pemerintah dalam mengawasi dana desa tersebut serta pembangunan dana desa yang bersumber dari pemerintah.

Kapolsek Menyuke IPTU R. Dolok Saribu mengatakan, sesuai dengan MoU antara Kemendagri, Kemendes PDTT dan Kapolri, bahwa Polri dalam hal ini Bhabinkamtibmas yang melekat dengan desa binaannya.

"Harus melaksanakan pengawasan terhadap penggunaan dana desa dan membantu kepala desa mempertanggungjawabkan dana desa sehingga tidak terjadi penyimpangan," ucap Kapolsek IPTU R. Dolok Saribu.

Penulis : Efdi
Editor : Rizki Mahardika
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini