|

Streaming Radio Suara Landak

Inilah Penyuluhan untuk Masyarakat di Kampung KB Dusun Sejaya

Kuala Behe (Suara Landak) - Kegiatan Penyuluhan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Dusun Sejaya Desa Kuala Behe Kecamatan Kuala Behe,  Senin (7/5) diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengatasi masalah  kependudukan sesuai nawacita yang dicanangkan presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam wilayah negara kesatuan RI

Kepala Puskesmas Kuala Behe Ardianto menegaskan  sesuai program yang dicanangkan  menunjuk satu Desa pada setiap Kecamatan menjadi kampung KB.

"Diharapkan kedepannya program ini akan memberikan keselarasan hidup dan meningkatkan kwantitas maupun kwalitas hidup serta kesejahteraan di Desa Kuala Behe Dusun Sejaya, "ungkapnya.

Kabid KB Dinas P2KBP3A Landak  Catur Sekar Dewi menyampaikan bahwa kampung KB merupakan program yang dicanangkan pada era Kepresidenan Joko Widodo, kampung yang setara tingkat RW dan menjadi sekala prioritas berdasarkan kriteria tertentu sehingga dapat ditunjuk menjadi Kampung KB.

"Salah satu hal yang menjadi penilaian diantaranya yaitu jumlah kependudukan yang tumbuh pesa, dalam satu tempat dengan tingkat kemiskinan di atas rata rata, juga sarana maupun prasarana pendukung yang minim dan kurang memadai, "ungkap Catur.

Dia menegaskan,  kampung KB adalah program nasional yang dapat menggali berbagai persoalan yang muncul dimasyarakat untuk diselesaikan.

"Bukan hanya masalah KB yang meliputi tingginya angka pernikahan dini dan kesehatan reproduksi, tapi masalah yang lainnya seperti dibidang pendidikan rendahnya minat anak - anak untuk bersekolah dibidang kesehatan tingginya angka kematian ibu dan anak,"urainya.

Selanjutnya, masalah sanitasi dan masalah pengandangan hewan ternak untuk menjaga kesehatan masyarakat, masalah dibidang Insfratuktur yaitu ketersediaan jalan desa, jembatan dan jalan lingkungan desa serta jalan usaha tani desa, penerangan listrik dan lainnya.

"Sedangkan dibidang pertanian meliputi tentang pemanfaatan lahan pekarangan untuk tanaman obat atau apotek hidup dan sayuran untuk pangan dan lain lain yang memungkinkan setiap instansi terkait untuk dapat masuk melakukan Pembinaan dan Pendampingan terhadap Program Kampung KB, "ungkap Catur.

Sementara itu,  Kanit Binmas Polsek Kuala Behe Bripka Romi Susanto, Sinergitas antar lembaga harus di tingkatkan. Polisi melalui Bhabinkamtibmas yang tergabung dalam pokja KB Kes Desa Permit telah rutin melalui program DDS (door to door sistem) ikut mengajak masyarkat arti pentingnya dalam manajemen keluarga.

"Khususnya tentang perkawinan,usia yg sehat dan produktif dalam membina rumah tangga dan menghimbau masyarakat utk menjaga lingkungan yg sehat dgn cara mengandangkan hewan peliharaannya, biar  kotorannya tdk mengotori lingkungan agar tercipta lingkungan yg sehat dan bersih,"tegasnya.

Diakhir sambutannya Kanit Binmas Polsek Kuala Behe Bripka Romi Susanto menyampaikan pesan- pesan kamtibmasnya.

"Mari kita bersama-sama mejaga keamanan lingkungan, jangan mudah terprovokasi oleh berita-barita yang belum tentu kebenarannya ataupun berita bohong yang disebut Hoax, dan mari kita sukseskan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2018," tutupnya.

Penulis : Heriyanto
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini