|

Streaming Radio Suara Landak

Waduh...! Masih Ada Balita Gizi Buruk Ditemukan di Landak

PASIEM GIZI BURUK DI RSUD LANDAK
Ngabang (Suara Landak) -
RSUD Landak merawat balita penderita dugaan gizi buruk, Trisa Ugan (4) warga Dusun Pesak Desa Tenguwe Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak. Kini balita perempuan itu terbaring lemah di ruang Paluntan RSUD Landak guna mendapatkan perawatan intensif.

Oangtua Trisa, Ica (27) kepada awak media di ruang rawat inap mengatakan, saat lahir, berat tubuh anak pertamanya itu hanya 2 Kg.

"Kami sempat membawa Trisa untuk diperiksa kesehatannya di Poliklinik desa sejak tiga hari yang lalu dari situ, anak saya dirujuk ke Puskesmas Serimbu Kecamatan Air Besar dan menginap semalam di Puskesmas itu. Selanjutnya, Trisa dirujuk ke RSUD Landak, "ungkap Ica.

Menurutnya, selama berada di rumah katanya, Trisa hanya mendapatkan perawatan biasa saja oleh keluarga.

"Kami tidak sempat mameriksakan kesehatan Trisa. Apalagi saya merupakan tulang punggung keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat  Dinas Kesehatan Landak, Sutina Purnamasari mengaku, pihaknya sudah mendapat laporan dari Puskesmas Serimbu.

"Kita langsung melakukan konfirmasi ke Puskesmas Serimbu supaya pasien secepatnya dirujuk ke RSUD Landak. Kami juga sudah melihat langsung kondisi pasien di RSUD Landak. Selain itu, kita juga akan melihat hasil diagnosa dokter terhadap pasien itu," ujar Sutina di RSUD Landak.

Ia meminta kepada pihak keluarga untuk tetap bertahan di RSUD Landak guna mendapatkan perawatan intensif.

"Kita di Dinas Kesehatan berupaya membantu pembiayaan melalui BPJS. Kitapun sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Landak. BPJS pasien sedang diproses," katanya.

Ia berkoordinasi dengan Direktur RSUD Landak supaya pasien itu harus mendapatkan pelayanan maksimal selama mendapat perawatan.

"Kita tetap menunggu proses BPJS nya," ucap Sutina.

Ia mengaku, jika dilihat secara kasat mata, kondisi pasien memang kekurangan gizi. Hal ini dikarenakan umur sudah empat tahun, tapi berat badan baru 6 Kg.

"Tapi dari lahir, berat badan pasien sudah tidak cukup. Sebab, menurut pengakuan ibunya, anaknya itu saat lahir hanya seberat 2 Kg saja. Lahirnyapun melalui dukun kampung. Akibatnya, berat badan bayi di kira-kira saja," katanya.

Penulis: Tim Liputan
Editor: Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini