|

Streaming Radio Suara Landak

Listrik di Landak Sistem Khatulistiwa belum Normal

Ngabang (Suara Landak) - SPV Teknik PLN Rayon Ngabang, Ikon Prawika mengungkapkab untuk jaringan listrik sistem khatulistiwa sudah mulai beroperasi dari tanggal 24 Agustus yang lalu.

Namun masih upaya memberikan daya dan memberi beban untuk menyuplai ke Ngabang.

"Tapi itu baru satu line atau jalur saja, karena Gardu Induk (GI) ini ada dua jalur. Jadi sekarang yang beroperasi baru satu jalur saja, dan satu jalur lagi masih dalam tahap proses pengerjaan,"kata Ikon di Ngabang, Senin (18/9).

Menurutnya, untuk GI Ngabang sendiri sistemnya dari Bengkayang dan itu menyuplai lima Kecamatan yang ada di Landak yakni Kecamatan Ngabang, Jelimpo, Air Besar, Kuala Behe, dan sebagian untuk di Kecamatan Sengah Temila.

"Khusus Kecamatan Sengah Temila separuh dari GI Ngabang. Selanjutnya dari GI Ngabang ini menyuplai ke arah Sosok dan Tayan. Sedangkan untuk PLTD Plasma, saat ini hanya stanbye.
Istilahnya apabila ada gangguan parah di transmisinya, baru PLTD Plasma akan beroperasi," ungkapnya.

Sedangkan masih adanya terjadi pemadaman, menurutnya disebabkan oleh gangguan dan pemeliharaan.

"Dalam hal ini pasti kita akan selalu melakukan pemeliharaan, baik itu seminggu sekali atau seminggu dua kali dan di luar gangguan," bebernya.

Sehingga  pasti akan ada gangguan, namun pihaknya selalu berusaha untuk meminimalisir agar tidak ada padam. Sehingga melakukan pemeliharaan.

"Pemeliharaan itu berfungsi untuk menguranggi pemadaman akibat dari gangguan," katanya.

Sedangkan, kapan GI akan normal ? Ikon menjelaskan masih belum tau. "Namun yang jelas, untuk selesai pengerjaan transmisi dari Bengkayang ke Ngabang ditergetkan tahun ini. Untuk waktu pastinya belum bisa diprediksi, karena kondisi sekarang juga sering hujan," ungkapnya.

Kemudian dalam upaya memperbaiki jaringan, pihaknya melakukan pemeliharaan dengan membersihkan dahan-dahan pohon.

"Kita pangkas ranting yang dekat jaringan. Tapi kalau daun sawit itu sulit, karena setelah dipotong akan tumbuh lagi," katanya.

Penulis: Kundori
Editor Mimi
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm




Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini