|

Streaming Radio Suara Landak

BPS Landak Expose Data dan Pengenalan STIS

Ngabang (Suara Landak) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Landak,  Selasa (26/9) memperingati Hari Statistik Nasional tahun 2017 dengan menggelar kegiatan Expose Data dan pengenalan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) di aula Bank Kalbar Cabang Ngabang.

Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Landak Asuardi Daris, diikuti oleh peserta dari pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kota Ngabang.

"Mungkin masyarkat banyak yang belum tau hari statistik Nasional, jadi hari inilah yakni tanggal 26 September. Kita melaksanakan ekspose data dan pengenalan STIS yang ada di Jakarta," kata Kepala BPS Landak Yanuar Lestariadi kepada awak media.

Menurutnya, STIS sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang dimiliki Badan Pusat Statistik. "Oleh karena itu kita mengundang adek-adek dari SMA kelas XII, agar nantinya tahun depan mereka bisa ikut seleksi," ungkapnya.

Yanuar mengatakan, setidaknya ada delapan sekolah tingkat SMA yang ada di Ngabang hadir untuk ekspose data dan mendapat pengetahuan tentang STIS. "Tema kita tahun ini adalah, kerja bersama dengan data,"ungkapnya.

Sedangkan untuk pendidikan di STIS sendiri ada yang D3 dan ada yang D IV. "Jadi untuk penerimaan itu memang diseleksi secara nasional, untuk kuotanya ada sekitar 600 orang yang akan diterima," tambahnya.

Untuk syarat-syarat akademik, jika ingin masuk di STIS. "Syarat nilai itu matematika dan bahasa inggris minimal 7 untuk semester 5 kelas XII. Penerimaan sekitar bulan Maret hingga April," jelasnya.

Meski saingan untuk masuk STIS cukup berat, tapi tahun ini ada D3.

"Khusus D3 kemungkinan tidak gabung dengan Jawa. Karena D3 hanya daerah tertentu saja, seperti Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara. Jadi peluang D3 cukup besar," katanya.

Untuk pelajar yang tingkat SMK tidak bisa mendaftar di STIS. "Jadi yang bisa mendaftar itu SMA, dari jurusan IPA mau pun IPS bisa mendaftar,"katanya.

Penulis: Tim Liputan
Editor: Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini