|

Streaming Radio Suara Landak

Masyarakat Jawa Kecamatan Mandor Sedekah Bumi

Acara sedekah bumi masyrakat Jawa kec.  Mandor
Mandor (Suara Landak) - Masyarakat Jawa di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak, Sabtu (12/8) menggelar kegiatan adat sedekah bumi di kompleks Makam Juang Mandor. Berbagai kegiatan digelar dalam kegiatan itu, seperti kesenian tradisional kuda lumping dan wayang kulit samalam suntuk. Wayang kulit itu sendiri mendatangkan dalang dari Klaten Jawa Tengah, Ki Agus Krisbiantoro dan Ilham Listiantoro.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Paguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB), H. Sadimo Yitno Poerbowo beserta sekretarisnya, anggota DPRD Landak, Lamri, Ketua Paguyuban Jawa Kabupaten Landak (PJKL), Purbono Hadi, para undangan dan ribuan masyarakat.

Camat Mandor, Rajiman mengatakan, ritual adat sedekah bumi yang dilaksanakan itu merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat.

"Disitu masyarakat juga meminta keselamatan dari Yang Maha Kuasa. Kita patut bersyukur karena kita sudah di berikan keselamatan dalam hidup sehari-hari. Makanya kita laksanakan acara sedekah bumi ini sebagai ungkapan rasa syukur kita, " ujar Rajiman.

Sementara itu, Ki Agus Krisbiantoro mengakui, wayang yang dimainkannya itu bukan hanya sekedar main wayang saja.

"Disini kita untuk berdoa. Apalagi lokasi pertunjukan wayang ini di areal makam juang Mandor. Makanya, kita juga berdoa untuk pejuang yang sudah gugur mendahului kita, " katanya.

Penulis: Tim Liputan
Editor: Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini